Pemkot Makassar Komitmen Entaskan Kemiskinan Ekstrem 0 Persen Tahun 2024

  • Bagikan
Ilustrasi. Angka Kemiskinan di Sulsel Menurun

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berkomitmen untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem hingga nol persen pada tahun 2024 mendatang.

Berbagai upaya preventif dilakukan salah satunya dengan memberikan asuransi ketenagakerjaan kepada 11 ribu Kartu Keluarga (KK) yang masuk dalam kategori kemiskinan esktrem di Kota Makassar, mulai dari desil satu hingga desil empat.

Asuransi ketenagakerjaan ini mencakup bantuan dalam kasus kecelakaan kerja, kehilangan pekerjaan, atau pemutusan hubungan kerja. Pemberian asuransi ketenagakerjaan ini atas kerjasama antara Pemerintah Kota Makassar dan BPJS Kesehatan.

"Untuk kemiskinan ekstrem target kita cukup luar biasa tahun depan kita harus menurunkan hingga ke angka nol, sehingga ada beberapa kebijakan yang akan kamiakukan yakni kami sudah kerjasama m untuk mencover kurang lebih sekitar 11 ribu KK desil 1 hingga 4 untuk kita cover asuransi ketenagakerjaannya," ucap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar Helmy Budiman.

Diharapkan dana alokasi ini dapat mencakup segala kebutuhan asuransi bagi 11 ribu KK tersebut. Helmy menambahkan saat ini Pemkot Makassar tengah menunggu pendatanganan MoU antara Pemkot Makassar dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Ia pun berharap penandatanganan MoU ini dapat segera dilakukan agar asuransi ketenagakerjaan ini dapat mulai berlaku pada Januari 2024 mendatang.

"Tugasnya Dinas Sosial dan Dinas Ketenagakerjaan sudah disetujui kurang lebih hampir Rp8 milyar untuk mengcover itu semua. Mudah-mudahan MoU nya segera terbit di BPKAD sehingga begitu masuk Januari 2024 sudah bisa dicover," tutup Helmy. (Shasa/B)

  • Bagikan