Pangdam XIV/Hasanuddin Berganti, Ini Sosoknya

  • Bagikan
Mayor Jenderal Bobby Rinal Makmur.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Jelang akhir tahun 2023, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan mutasi besar-besaran di tubuh Tentara Nasional Indonesia (TNI). Salah satu yang masuk dalam daftar surat mutasi yakni Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XIV Hasanuddin.

Pergantian pucuk pimpinan Pangdam XIV/Hasanuddin itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Kep/1470/XII/2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di Lingkungan TNI.

Pangdam XIV Hasanuddin berganti dari Mayor Jenderal TNI Totok Imam Santoso ke Mayor Jenderal Bobby Rinal Makmur.

Mayjen TNI Totok Imam Santoso dimutasi menjadi Direktur Pascasarjana Universitas Pertahanan (Unhan). Sementara Mayjen Bobby Rinal Makmur sebelumnya Komandan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Dansecapaad).

Mayjen TNI Totok Imam Santoso, yang dikonfirmasi mengenai surat mutasi tersebut membenarkan. "Iya," singkat Totok saat dikonfirmasi, Rabu (20/12/2023).

Untuk diketahui, mutasi ini merupakan bagian dari strategi TNI untuk memperkuat kepemimpinan dan peningkatan kualitas personel di berbagai jabatan.

Perubahan kepemimpinan ini juga mencerminkan komitmen TNI dalam mengembangkan sumber daya manusia dan meningkatkan kualitas organisasi demi mencapai tugas-tugasnya yang lebih baik.

Tercatat, sedikitnya 183 perwira tinggi TNI yang berganti dibawa kepemimpinan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Dengan adanya pergantian ini, TNI diharapkan dapat terus memberikan kontribusi positif dalam menjaga pertahanan negara.

Dikutip dari beberapa salah satu media nasional, Mayor Jenderal Bobby Rinal Makmur lahir di Yogyakarta pada 28 Desember 1970. Ia merupakan perwira tinggi (Pati) di dalam TNI Angkatan Darat (AD) yang mahir dalam bidang infanteri.

Alumni Akkmil 1992 ini tercatat pernah menempuh berbagai pendidikan di lingkungan TNI. Mulai dari Susarcabif, Selapa I, Diklapa II, dan Seskoad Dikreg XLV.

Bobby juga mengikuti pendidikan Susjur Para, Air Borne, terjun bebas militer, KIBI TNI AD, KIBI Kementerian Pertahanan, KIBI Milobs, Susdanyon, Sesko TNI, dan Lemhannas.

Dalam perjalanan karier militernya, Bobby beberapa kali menduduki posisi strategis. Mulai dari Danbrigif Linud 17/Kujang 1/Kostrad (2012-2014), Asops Kasdam Jaya (2014-20, Asrena Kaskostrad, Danrem 051/Wijayakarta, dan Pamen Denma Mabesad.

Setelah itu, karier Bobby semakin merangkak naik dengan menjabat sebagai Asops Kaskogabwilhan II (2019-2021), Kasdam Jaya (2021-2022), dan Panglima Divif 1/Kostrad (2022-2023).

Berikutnya ia dimutasi sebagai Komandan Secapa TNI AD pada 2023 dan di tahun yang sama, ia dipromosikan menjadi Pangdam Hasanuddin. (Isak/B)

  • Bagikan