Aktivis Perempuan Harap Parpol Prioritaskan Kesetaraan Gender di Pileg 2024

  • Bagikan
Lusia Palulungan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Saat ini tercatat sebanyak 406 orang caleg perempuan maju di DPR RI asal Sulsel pada pileg 14 Februari 2024 mendatang.

Sedangkan, untuk calon senator DPD RI, hanya 2 perempuan dan untuk DPRD Provinsi 2024 sebnyak 404 orang caleg perempuan.

Lantas bagaimana peran emak-emak kedepan. Bertepatan tanggal 22 Desember memperingati hari ibu. Sejatinya perempuan tidak harus mengurus rumah tangga, melayani suami, dan mendidik anak-anak. Akan tetapi masuk kedunia politik, karena keterwakilan perempuan masih sangat minim dibawah laki-laki.

Persoalan ketidaksetaraan Gender masih sangat tercermin jelas di dalam rendahnya perwakilan kaum perempuan di struktur lembaga perwakilan Indonesia saat ini.

Aktivis Perempuan, Lusia Palulungan, SH., M.Hum menyarankan agar momentum pemilu 2024 yang perlu disiapkan parpol adalah dukungan kepada Caleg-caleg Perempuan.

Dimana melalui pendampingan  dan fasilitasi dalam masa kampanye, mempersiapkan saksi untuk mengawasi suara mulai saat pemungutan suara sampai rekapitulasi akhir," ujarnya, Jumat (22/12/2023), saat dimintai tanggapa soal hari Ibu.

Labtas, bagaiman melihat peran perempuan dipanggung politik? Lusia Palulungan, SH., M.Hum selaku
Direktur Yayasan Rumah Mama Sulawesi Selatan, menyarankan agar dilakukan pemetaan mengenai peran parpol dalam memberikan posisi Perempuan dalam legislatif dan eksekutif.

  • Bagikan