Wawan Mattaliu: Satpol PP Jangan Dianaktirikan!

  • Bagikan
Wawan Mattaliu

MAROS, RAKYATSULSEL - Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Wawan Mattaliu sangat menyayangkan perlakuan negara terhadap salah satu elemen penting penegak hukum di tingkat pemerintah daerah, yakni Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Seperti dinas lain di pemerintah kabupaten, terbuka peluang bagi para honorer untuk mendaftar menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) melalui tes CPNS, atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Menurut Wawan Mattaliu, ini merupakan perlakuan yang tidak adil bagi pegawai dengan status honorer di Satpol PP, karena terkendala pada regulasi pengangkatan pegawai honorer Satpol PP yang belum jelas.

"Kita tentu sangat menyayangkan perlakuan pemerintah pusat terhadap perangkat pemerintah daerah yang peranannya sangat penting ini, Satpol PP ini penegak perda lho! Kenapa tidak diberikan peluang untuk status yang lebih layak. Kalau soal pengabdian teman-teman honorer Satpol PP, itu sungguh luarbiasa," tegas Wawan, Rabu (27/12/2023).

Mantan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan tersebut juga memaparkan, kondisi ini mesti ditinjau ulang dengan serius, apalagi terdapat beberapa undang-undang yang menjadi payung hukum Satpol PP.

"Ini mesti ditinjau ulang. Ada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamong Praja. Ini mesti disinkronisasi, demi upaya kita bertanggungjawab atas hak saudara-saudara kita di Satpol PP. Supaya minimal honorer Satpol PP bisa turut menjadi PPPK, karena tanggungjawab saudara-saudara kita di Satpol PP itu sebagai garda terdepan dalam penegakan peraturan daerah," terangnya.

Di tengah ketidakjelasan masa depan honorer Satpol PP akibat tidak menjadi atensi pemerintah pusat, Wawan Mattaliu menganggap perlakuan negara terhadap honorer Satpol PP itu seperti anak tiri dalam pemerintahan.

"Jangan dianaktirikan! Saudara saudara kita honorer Satpol PP ini penegak perda lho!," ungkap Wawan Mattaliu yang juga Caleg DPR RI Dapil Sulsel 2 ini.

Mengenai hal krusial yang dialami tenaga honorer Satpol PP tersebut, Wawan Mattaliu mengatakan akan menjadikan itu sebagai salah satu tema penting untuk dibahas dan dikawal oleh partainya.

"Ini akan kami usulkan menjadi salah satu tema pembahasan di tingkat DPP PKB dan Inshaa Allah akan menjadi amanah yang harus dikawal oleh fraksi PKB," tutupnya. (Ikbal)

  • Bagikan