Ganjar Pranowo – Mahfud Md Hadiri Debat Capres Gunakan Pakaian Bertema Pilot

  • Bagikan
Mahfud Md tampil kompak menggunakan pakaian dengan tema pilot menghadiri acara debat capres di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Ahad, 7 Januari 2024

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo - Mahfud Md tampil kompak menggunakan pakaian dengan tema pilot menghadiri acara debat capres di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Ahad, 7 Januari 2024. Keduanya menggunakan kemeja putih berdasi merah dibalut menggunakan jaket boomber berwarna hijau plus kacamata hitam.

Turun dari kendaraan, Ganjar sempat menyapa relawannya yang menunggu sejak pukul 17.30 di sana. Dia tambak mengacungkan jari dengan simbol angka tiga ke mereka. Sesekali Ganjar juga tampak menyapa awak media, tetapi tidak memberikan pernyataan.

Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar- Mahfud, Tuan Guru Bajang Zainul Majdi mengatakan persiapan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dalam mengikuti debat pada Ahad malam, 7 Januari 2024, disebut sudah baik. Adapun, tema debat capres malam ini adalah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik.

“Persiapan bagus. Jadi ini tema-teman yang sebenarnya sering diungkap oleh Mas Ganjar dan Pak Mahfud di dalam blusukan atau forum-forum saat beliau diundang untuk menyampaikan pandangan Ganjar-Mahfud terkait politik luar negeri, pertahanan, keamanan, dan hubungan internasional,” kata Zainul di pelataran Istora Senayan, pada Ahad sore, 7 Januari 2024.

Menurut dia, dalam konsep politik luar negeri, Ganjar-Mahfud disebut selalu menekankan pada kepentingan nasional sebagai poros pergerakan.

“Jadi kita tidak boleh subordinasi kekuatan mana pun. Kita tau geopolitik Indonesia ada kekuatan besar yang tarik-menarik. Indonesia harus kokoh dengan national interest-nya,” kata dia.

Ganjar diyakini tampil prima

Deputi Politik TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, pun meyakini Ganjar Pranowo akan tampil prima dalam debat capres yang mengusung tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik malam ini.

“Kami relatif anteng untuk tema politik dan keamanan, karena Mas Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah, memiliki pengalaman dan pemahaman mendalam terkait tema itu,” kata Andi di Jakarta, seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Sabtu, 6 Januari 2024.

Andi mengatakan visi-misi Ganjar-Mahfud dinilai berisi jawaban berbagai tantangan sekarang ini sangat komprehensif dan menjangkau hingga ke akar rumput. Salah satu di antaranya adalah menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim dunia.

Poros maritim dunia merupakan cita-cita Presiden Joko Widodo, yang sudah diagendakan sejak periode pertama kepemimpinannya, yaitu tahun 2014.

Andi menilai visi menjadikan Indonesia Poros Maritim dunia, bukannya tidak mungkin terwujud, mengingat luasnya perairan Indonesia dan posisi Indonesia sebagai Ketua ASEAN. Menurut Andi, Ganjar menyadari betul disrupsi yang terjadi saat ini, konflik geopolitik Ukraina vs Rusia, Alutsista, Perubahan Konstelasi Geopolitik, dan Pertahanan Keamanan di dalam negeri.

“Mas Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah, jelas sering berinteraksi dengan jajaran TNI. Mas Ganjar mengetahui betul Batalyon Artileri ada di mana saja, kekuatannya seperti apa, dan beberapa jumlah Alutsista. Dari situ, kami benar-benar melayani kebutuhan Mas Ganjar untuk menghadapi Debat Capres. Ada juga Jenderal Andika Perkasa sebagai mantan Panglima TNI dan Pak Todung Mulya Lubis yang berpengalaman sebagai Duta Besar,” kata Andi.

Selain Ganjar Pranowo, debat malam ini akan diikuti oleh dua capres lainnya, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Debat ini merupakan yang ketiga dari lima rangkaian yang disiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjelang Pilpres 2024.

  • Bagikan