Jelang Pemilu 2024, PSI Sulsel “Rayu” Adnan, Muh Surya: Strategi untuk Perkenalkan PSI di Gowa

  • Bagikan
Tim Muhammad Surya memasang APK PSI yang menampilkan Adnan Purichta Ichsan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sisa waktu 36 hari pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 14 Februari 2024. Berbagai dinamika dan manuver politik mulai dilakukan partai politik demi meraup suara dan memenangkan kontestasi.

Salah satu parpol yang gencar menggaet sejumlah tokoh di Makassar dan Sulsel adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sulsel. Partai yang dipimpin oleh Muhammad Surya bersama Maqbul Halim ini sebelumnya dikenal dekat dengan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, kini PSI mendekati Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Hal ini nampak pada ratusan Baligho bergambar wajah Bupati Gowa dua periode Adnan Purichta Ichsan menghiasi spanduk milik Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sulawesi Selatan, Muhammad Surya bertebaran di sejumlah ruas jalan di Gowa.

Saat dikonfirmasi terkait beredar luasnya foto Bupati Gowa di spanduk milik Ketua PSI, Sekretaris PSI Sulsel, Maqbul Halim menanggapi santai.

Dia mengatakan, Ketua PSI Sulsel, Muh Surya kini maju mencaleg di DPR RI, dimana salah satu dapilnya adalah wilayah Kabupaten Gowa, sehingga sangat membutuhkan dukungan pemilih sebanyak mungkin di kabupaten Gowa.

"Ditanyakan ke pak Adnan. Kalau ditanya alasan lain, pak Surya butuh dukungan pemilih sebanyak-banyaknya di Kabupaten Gowa," terangnya, Senin (8/1/2024).

Diketahui Muhammad Surya adalah calon anggota legeslatif (Caleg) nomor urut 1 Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel yang meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Kabupaten Kepulauan Selayar.

Untuk diketahui Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, telah melakukan rekapitulasi penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Gowa. Jumlah totalnya adalah 561.624 pemilih.

Muhammad Surya atau yang akrab disapa Cuya merupakan pengusaha dan tokoh nasional. Dia dampingi mantan aktivis mahasiswa Universitas Hasanuddin Makassar.

Cuya sendiri adalah sahabat dari pengusaha nasional kenamaan Jefri Giovanni pendiri Partai Solidaritas Indonesia. Di Dewan Pengurus Pusat Ketua PSI saat ini adalah Kaesang Pangarep, Putra Ketiga Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Sedangkan, Ketua Partai DPW PSI Sulsel, Muhammad Surya menyampaikan alasan di balik penyebaran baliho bergambar Adnan Purichta Ichsan.

"Baliho tersebut merupakan bagian dari upaya saya untuk meningkatkan visibilitas dan pemahaman masyarakat terhadap pemimpin," katanya.

Menurutnya, ia melihat sosok Adnan adalah kepala daerah dua periode yang sukses memimpin Kabupaten Gowa. Adapun alasan utama di balik penyebaran baliho bergambar Adnan sebagai strategi untuk memperkenalkan PSI secara lebih luas di Kabupaten Gowa.

"Kami berkomitmen memperluas jejak partai ke berbagai wilayah, dengan Kabupaten Gowa menjadi salah satu fokus di Pemilu 2024.  Pak Adnan itu adalah kepala daerah muda dan menonjol. Sehingga kita ingin memperkenalkan PSI lebih luas di  Gowa," jelasnya.

Pihak PSI Sulsel hanya dengan modal memperkenalkan langkah ini sebagai bagian dari upaya aktif untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan komunitas di Kabupaten Gowa.

"Inilah upaya kami, dalam waktu dekat kami berencana untuk membuat kegiatan di Kabupaten Gowa," pungkasnya. (Yadi/B)

  • Bagikan