Visi Pertahanan Ganjar Pranowo: Teknologi Sakti, Rudal Hipersonik, hingga Sensor Kuantum

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan dalam visi dan misinya terhadap pertahahan di Indonesia adalah mendorong dengan melapisi pertahanan dan berlapis-lapis. Menurut dia, benteng pertahanan Nusantara harus menjadi satu-kesatuan.

“Kita perlu melakukan penataan gelar pasukan karena IKN (Ibu Kota Negara) menjadi pusat gravitasi baru dan ini bagian dari antisipasi tarung global antara Amerika dan Tiongkok,” kata Ganjar saat debat capres di Istora Senayan, Ahad, 7 Januari 2024.

Menurut dia, persiapan itu bisa dilakukan dengan pertahanan Indonesia bisa masuk pada wilayah 5.0 dengan teknologi sakti, yaitu dengan rudal hipersonik, senjata siber, sensor kuantum, dan sistem senjata otonom.”Itu bisa dilakukan kalau anggaran dari Kemenhan itu 1 sampai 2 persen dari PDB, sehingga MEF kita bisa tercapai.Karena ini yang mengerikan di 2024 ini, saya khawatir ini tidak akan tercapai,” kata Ganjar.

Diketahui, debat itu mempertemukan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan, nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Adu sanggah ini mengusung tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Pelataran Istora Senayan di Kawasan Gelora Bung Karno tampak ramai oleh aparat keamanan dan para pendukung calon presiden yang akan beradu sanggah pada Ahad malam ini. Mereka tampak bergerombol dan bernyanyi-nyanyi sembari menunggu kedatangan calon presiden mereka tiba.

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo tampak tiba di Istora Senayan pada pukul 18.30 bersama calon wakil presiden Mahfud Md. Tampak sejoli itu menggunakan kemeja putih berdasi merah. Tak hanya itu, keduanya juga menggunakan jaket boomber berwarna hijau dengan gambar angka nomor tiga di belakang.

Turun dari kendaraan, Ganjar sempat menyapa relawannya yang menunggu sejak pukul 17.30 di sana. Dia tambak mengacungkan jari dengan simbol angka tiga ke mereka. Sesekali Ganjar juga tampak menyapa awak media, tetapi tidak memberikan pernyataan.

Politikus Partai Perindo yang juga masuk dalam koalisi Ganjar-Mahfud, Muhammad Zainul Majdi mengatakan persiapan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dalam mengikuti debat pada Ahad malam, 7 Januari 2024, disebut sudah baik. Adapun, tema debat capres malam ini adalah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik.

“Persiapan bagus. Jadi ini tema-teman yang sebenarnya sering diungkap oleh Mas Ganjar dan Pak Mahfud di dalam blusukan atau forum-forum saat beliau diundang untuk menyampaikan pandangan Ganjar-Mahfud terkait politik luar negeri, pertahanan, keamanan, dan hubungan internasional,” kata Zainul di pelataran Istora Senayan, pada Ahad sore, 7 Januari 2024.

Menurut dia, dalam konsep politik luar negeri, Ganjar-Mahfud disebut selalu menekankan pada kepentingan nasional sebagai poros pergerakan. “Jadi kita tidak boleh subordinasi kekuatan mana pun. Kita tau geopolitik Indonesia ada kekuatan besar yang tarik-menarik. Indonesia harus kokoh dengan national interest-nya,” kata dia.

  • Bagikan