Profil Ince Muh Rizal, Karutan Kelas IIB Bantaeng yang Berpegang Teguh Filosofi Padi

  • Bagikan
Kepala Rutan Kelas IIB Bantaeng Ince Muh Rizal.

BANTAENG, RAKYATSULSEL - Ince Muh Rizal dilantik sebagai Kepala Rutan Kelas IIB Bantaeng sejak 11 Juni 2020 dan menjabat sampai sekarang. Anak pertama dari delapan bersaudara ini lahir di Ujung Pandang 26 November 1973.

Dia memulai pendidikannya dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas di Kabupaten Takalar. Anak dari pasangan Ince Musa Daeng Tojeng dan Hj Sitti Julaeha Daeng Ngayu ini kemudian mengawali karirnya menjadi ASN 1 Maret 1992 di Lapas Kelas IIB Toli-Toli. 

Ince Muh Rizal kemudian dimutasi ke Rutan Kelas IIA Palu pada 1995, selanjutnya rotasi ke Bapas Kelas I Makassar pada 1997, Lapas IIB Takalar pada 2004 dan selanjutnya mendapat amanah sebagai Kasubsi Perawatan Napi dan Anak Didik Lapas IIB Takalar pada 2009.

Pada 2013 Ince Muh Rizal dipercaya menjadi Kepala Satuan Pengamanan Lapas IIB Takalar, setelah itu dipromosikan sebagai Kepala Rutan Kelas IIB Sinjai pada 2017 dan kemudian menjabat Kepala Rutan Kelas IIB Bantaeng pada 2020 sampai sekarang.

Ince Muh Rizal kini telah memiliki dua orang putri dan satu orang putra hasil dari pernikahannya dengan Syamsiah. Meski tumbuh dan besar di keluarga yang berlatar belakang ASN, Ince Muh Rizal diajarkan untuk hidup dalam kesederhanaan.

"Berkat perjuangan, kerja keras, didikan dan disiplin dari orang tua, kami delapan bersaudara Alhamdulillah dapat menjadi aparatur," kata dia.

Perjuangan Ince Muh Rizal tidaklah mudah. Saat dirinya baru menjadi ASN, dia harus kehilangan seorang ayah. Dia bersama ibunya saat itu harus berjuang untuk menghidupi tujuh orang adiknya.

"Saat itu kami hanya memiliki ibu yang menanamkan disiplin, menjaga nama baik keluarga dalam kehidupan bermasyarakat. Kami memegang teguh itu. Dan yang paling penting itu doa dari orang tua. Apapun yang akan kami lakukan kami meminta doa dan bersujud kepada orang tua," kata dia.

Dia mengungkapkan petuah yang disampaikan oleh ibunya. "Untuk mendapatkan suatu keberhasilan, harus melalui perjuangan dan air mata. Itu yang terngiang sampai sekarang," katanya.

Ince Muh Rizal juga mengungkapkan petuah dari ayahnya. Dia diberi petuah agar bersifat seperti padi yang semakin berisi semakin menunduk, memberi manfaat untuk sesama, dan pintar beradaptasi serta menjaga silaturahmi dengan siapapun.

"Petuah ayah saya, hiduplah seperti padi yang semakin berisi semakin menunduk. Intinya jadikan dirimu berarti sebelum mati," kata dia.

Ince Muh Rizal juga membawa kemajuan bagi Kelas IIB Bantaeng. Sejumlah program yang dia terapkan membawa dampak positif bagi warga binaan dan pelayanan.

Bekerja sama dengan Kemenag Bantaeng dan Pemkab Bantaeng pihaknya melaksanakan pembinaan mental keagamaan, kewajiban baca tulis Al Qur'an bagi Muslim dan Kelas Hafiz untuk warga binaan.

Rutan Kelas IIB Bantaeng juga diantar oleh Ince Muh Rizal meraih Penghargaan Satuan Kerja Pelayanan Berbasis HAM 2022 & 2023 dari Dirjen HAM Kemenkumham dan Satuan Kerja Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di Lingkungan Kemenkumham tahun 2023. (Jet)

Berikut Profilnya :

* Data Diri

1. Nama Lengkap : Ince Muh Rizal, S.H, M.Si

2. TTL : Ujung Pandang 26 November 1973

3. Alamat : Jalan Mawar no 9, Kelurahan Pallantikang 

4. Status : Kawin

5. Istri : Syamsiah

6. Anak : dua orang putri satu orang putra

* Orang Tua

1.  Ayah : Almarhum Ince Musa Daeng Tojeng

2. Ibu : Almarhumah Hj Sitti Julaeha Daeng Ngayu

* Riwayat Pendidikan

1. SDI Pattallassang Takalar tamat 1985

2. SMPN 1 Takalar tamat 1988

3. SMAN 1 Takalar tamat 1991

4. Universitas Satria Makassar 

* Riwayat Pekerjaan 

1. ASN Kemenkumham 1 Maret 1992 di Lapas kelas IIB Tolitoli

2. Rutan kelas IIB Palu 1995

3. Bapas Kelas I Makassar 1997

4. Lapas IIB Takalar 2004

5. Kasupsi Perawatan Napi dan Anak Didik Lapas IIB Takalar 2009

6. Kepala Satuan Pengamanan Lapas IIB Takalar 2013

7. Kepala Rutan Kelas IIB Sinjai tahun 2017

8. Kepala Rutan Kelas IIB Bantaeng tahun 2020 sampai sekarang

* Prestasi

1. Penghargaan Satuan Kerja Pelayanan Berbasis HAM 2022-2023 dari Dirjen HAM, Kemenkumham

2. Satuan Kerja Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di Lingkungan Kemenkumham tahun 2023

* Medsos

1. Facebook        : Unda Jaya

2. Instagram       : Daeng01Sijayjay

  • Bagikan