Resep Kue Kenari ala Cina, Cocok untuk Sajian Perayaan Imlek dan Teman Ngopi

  • Bagikan
Ilustrasi kue sagu kenari khas Maluku.(SHUTTERSTOCK/Pawonike Gallery) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Kue Sagu Kenari, Kue Kering Khas Maluku", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/08/13/150700075/resep-kue-sagu-kenari-kue-kering-khas-maluku. Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6 Download aplikasi: https://kmp.im/app6

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Kue kenari Cina memiliki cita rasa yang sempurna. Dengan sedikit rasa manis dan tambahan topping kenari menjadikan kue tersebut jadi renyah.

Kue kenari Cina cocok menjadi teman pelengkap secangkir kopi di pagi hari atau secangkir teh di sore hari. Namanya kue kenari Cina, maka camilan kue ini juga cocok disajikan menyambut tamu saat perayaan Imlek.

Dirangkum dari The Woks Of Life, ada beberapa tips yang bisa menjadi referensi untuk membuat kue kenari menjadi lebih nikmat.

Tips Membuat Kue Kenari Cina:

Umumnya resep kue kenari cina asli menggunakan lemak babi, tetapi dalam resep ini dapat diganti dengan menggunakan mentega. Sebab, mentega lebih mudah ditemukan. Agar komposisi rasa lebih presisi, gunakan timbangan dapur untuk mengukur berat bahan kue yang digunakan.

Resep ini menyuguhkan kue kenari dengan bentuk bulat. Jika ingin berkreasi dapat menekannya sehingga berbentuk lebih rata sebelum dipanggang. Setelah dipanggang, kenari bisa dihancurkan dengan rolling pin untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan.

Resep Kue Kenari Cina

Bahan-bahan:

2 cangkir tepung kue (270 gram)
1/2 sendok teh soda kue (3 gram)
1/4 sendok teh baking powder (2 gram)
8 sendok makan mentega atau lemak babi (4 ons atau 115g, pada suhu kamar)
1/2 cangkir gula (115 gram)
1/4 sendok teh garam (1 gram)
1 butir telur (kocok lalu belah; telur yang disarankan beratnya sekitar 62 gr, masih ada cangkangnya)
3/4 cangkir kenari panggang cincang halus, ditambah 12 bagian kenari mentah (75 g)

Cara Membuat

1. Membuat Adonan Dasar

Ayak tepung kue, baking powder, dan baking soda menjadi satu, kemudian sisihkan. Campurkan mentega, garam, dan gula ke dalam mangkuk besar kemudian aduk rata sampai adonan berubah menjadi kental.

Selanjutnya masukkan campuran tepung ke dalam campuran mentega, masukkan juga kenari yang telah dihaluskan.

2. Bentuk Adonan

Kocok telur lalu pisahkan telur sebanyak 2 sendok teh telur yang sudah dikocok, dan masukkan sisanya lagi ke dalam adonan.

Buatlah campuran menjadi sebuah bola adonan, bisa menggunakan mixer ataupun tangan. Perlu diperhatikan jika adonan terlihat agak rapuh, adonan akan menyatu jika anda membentuknya menjadi bola dengan waktu yang pas.

3. Bentuk Adonan Kue Menjadi Bola-bola

Gunakan kertas roti untuk melapisi loyang. Buat adonan menjadi 12 bagian dengan ukuran yang sama.
Kemudian putar adonan menjadi bola-bola, letakkan diatas loyang, berikan jarak beberapa inci. Seluruh adonan harus masuk dalam satu loyang.

Berikan topping kenari disetiap bola, taruh dengan tekan secara perlahan. Sebelum dipanggang, tutup kue dengan handuk dapur bersih, diamkan kue sekitar 15 sampai 20 menit.

4. Panggang Kue

Sembari menunggu, panaskan oven dengan suhu mencapai 350 derajat F. Setelah adonan telah didiamkan, olesi dengan telur kocok yang telah kita sisihkan diawal, kemudian panggang selama 20 menit.

Setelah selesai dipanggang, matikan oven dan diamkan dahulu kue selama 5 menit sebelum dikeluarkan. Tunggu hingga dingin, kue kacang kenari cina siap dinikmati.

Resep ini untuk membuat 1 lusin kue atau 2 kue per porsi. (jp/raksul)

  • Bagikan