Sinar Radiasi Smartphone Dapat Menimbulkan Kanker, Mitos atau Fakta?

  • Bagikan
ilustrasi seseorang terpapar sinar radiasi smartphone

RAKYATSULSEL - Ponsel pintar atau smartphone telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan modern saat ini.

Smartphone menyediakan kenyamanan dan konektivitas, tetapi penggunaan smartphone berpotensi membuat kekhawatiran terkait dampak radiasinya.

Beberapa tahun terakhir, perdebatan terkait radiasi smartphone yang memiliki hubungan dengan kanker telah menjadi perhatian utama para peneliti dan masyarakat.

Dilansir dari nytimes.com, Jumat (9/2), penggunaan telepon atau smartphone yang berlebihan telah dikaitkan dengan berbagai permasalahan, seperti masalah tidur, peningkatan kadar kortisol, nyeri sendi, dan bahkan masalah hubungan.

Tetapi, jika yang dipermasalahkan dan dikhawatirkan terkait radiasi, para ahli mengatakan bahwa, tidak perlu membuang ponsel atau smartphone.

Gayle Woloschak selaku dekan dan profesor radiologi di Fakultas Kedokteran Feinberg Universitas Northwestern, menyatakan bahwa Tidak ada risiko bahaya apa pun akibat radiasi ponsel.

Sedangkan Emily Caffrey, selaku asisten profesor fisika kesehatan di Universitas Alabama di Birmingham mengungkap bahwa semua ponsel (bersama dengan jaringan Wifi, stasiun radio, remote control, dan GPS), ponsel cerdas memang memancarkan radiasi.

  • Bagikan