Efek Pileg dan Imbasnya ke Pilgub, Berikut Nama yang Berpeluang jadi Calon Gubernur Sulsel

  • Bagikan
CEO Archi Research and Strategic, Mukhradis Hadi Kusuma saat merilis hasil survei nama-nama calon Gubernur Sulse, di salah satu cafe di Kota Makassar, Kamis (7/3/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemilihan Legislatif (Pileg) dipastikan berimbas ke Pemilihan Gubernur Sulsel pada November 2024 nanti. Dimana sejumlah nama sudah mulai bermunculan.

Lembaga survei Archi Research and Strategic telah merilis sejumlah nama yang berpotensi muncul pada Pemilihan Gubernur Sulsel nanti.

Mulai dari Andi Amran Sulaiman (18,39 persen), Nurdin Halid (13,98 persen), Adnan Purichta Ichsan(11,21 persen), Fadil Imran (10,10 persen), Ilham Arief Sirajuddin (8,48 persen), Danny Pomanto (8,01 persen), Rusdi Masse (7,32 persen), Andi Sudirman Sulaiman (7,06 persen) dan Andi Iwan Darmawan Aras (5,8 persen).

CEO Archi Research and Strategic, Mukhradis Hadi Kusuma mengatakan, jika survei tersebut dia lakukan pada 1-6 Maret 2024 kemarin, dengan mengambil sekitar 400 responden dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Saat kami melakukan survei terbuka, siapa yang menjadi pelanjut Gubernur nanti dengan memunculkan nama-nama itu,” kata Mukhradis Hadi Kusuma saat melakukan jumpa pers di salah satu cafe di Kota Makassar, Kamis (7/3/2024).

Munculnya nama-nama tersebut kata dia karena faktor Pileg yang baru saja berlangsung beberapa pekan lalu. Seperti Amran Sulaiman salah satu tim pemenangan Prabowo-Gibran di Sulsel, Nurdin Halid sebagai Caleg DPR RI Dapil Sulsel 2, Ilham Arief Sirajuddin lebih banyak melakukan kunjungan ke daerah-daerah. Sementara Danny Pomanto hanya lebih banyak di Kota Makassar. 

“Mereka berorasi ke bawah dan mereka langsung mengsekusi langsung dari tangan mereka sendiri. Jadi teori eksekusi langsung ke masyarakat (tatap muka langsung) terekam langsung,” ujarnya. 

Dirinya juga menyebutkan munculnya nama Nurdin Halid di Pilgub Sulsel ini, selain pernah bertarung 2018 lalu, dia juga maju di Pileg dan sukses meraih pemenang internal partai berlambang pohon beringin Rindang ini. Bahkan mengalahkan dua petahana yakni Andi Rio dan Supriansa.

“Mereka ini bertarung habis-habisan di Internal Golkar dan ini juga buah bibir di 8 daerah karena mampu mengalahkan mantan kepala daerah (Taufan Pawe, Syamsuddin M Hamid, ANdi Fahsar Padjalangi),” bebernya.

Dengan munculnya nama-nama tersebut dan hasil Pileg maka Pemilihan Gubernur Sulsel berpotensi hingga 3 pasangan calon.  “Kalau Andi Sudirman masih maju maka ada beberapa pendatang, kecuali sang kakak (Andi Amran Sulaiman) turun gunung dari menteri,” jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan