Demokrat Terpuruk di Sulsel, Hanya Toraja yang Dapat Kursi Pimpinan DPRD

  • Bagikan
Logo Partai Demokrat

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Hasil rekapitulasi dan sinkronisasi di tingkat KPU Provinsi Sulsel tahun 2024 untuk 24 Kabupaten dan Kota telah rampung dan menunjukkan perolehan kursi masing-masing partai.

Namun, jika dilihat dari presentasi kursi, partai Demokrat menjadi salah satu parpol yang perolehan suara maupun kursinya cukup mengalami penurunan drastis. Ini terlihat di DPRD Sulsel dan DPRD Kota Makassar, partai yang dipimpin oleh Agus Harimurti Yudhoyono yang sebelumnya mendapatkan kursi Wakil Ketua DPRD, ternyata gagal mempertahankan kursi pimpinan pada Pemilu 2024 ini, bahkan jumlah kursinya menurun.

Di DPRD Sulsel, misalnya, jumlah kursi Demokrat turun dari 10 kursi pada pemilu 2019 menjadi hanya 7 kursi. Begitu juga di DPRD Kota Makassar, kursi pimpinan (wakil ketua) yang sebelumnya mencapai 6 kursi, kini hanya tersisa 3.

Ketua OKK DPD Partai Demokrat Sulsel, Muhammad Aslam, mengakui bahwa pada Pemilu Legislatif 2024, sebagian daerah di Sulsel mengalami peningkatan kursi bagi Demokrat, namun ada juga yang mengalami penurunan.

"Di beberapa daerah di Sulsel, jumlah kursi Demokrat naik, namun ada juga yang mengalami penurunan," ujarnya pada Jumat (15/3/2024).

  • Bagikan