Kamu Harus Tau! Manfaat Timun Suri yang Menambah Kesegaran Saat Berbuka Puasa

  • Bagikan
ilustrasi timun suri yang sering dikonsumsi saat berbuka puasa, memiliki banyak manfaat.

RAKYATSULSEL - Timun suri menjadi salah satu buah yang sangat identik dan erat kaitannya dengan bulan Ramadhan. Semua umat Islam menjalankan ibadah puasa mulai dari subuh hingga maghrib. Timun suri menjadi salah satu buah campuran untuk sajian segar hidangan saat berbuka puasa.

Timun suri yang sangat laris pada saat bulan Ramadhan ternyata memiliki banyak kandungan dan manfaat. Dalam buah timun suri terdapat kandungan protein, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan mineral fosfor, kalium, dan kalsium.

Dengan kandungan tersebut tentu memiliki banyak manfaat bagi tubuh, antara lain:

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dengan kandungan serat dan air yang cukup tinggi membuat timun suri dapat memperbaiki dan melancarkan sistem pencernaan tubuh

Melegakan Tenggorokan

Ketika puasa tenggorokan terasa sangat kering sehingga kandungan air yang melimpah dalam timun suri memberikan kesegaran dan melegakan tenggorokan saat berbuka.

Mencegah Kanker

Vitamin A dan vitamin C yang ada dalam kandungan timun suri dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menetralkan serta mengikat zat-zat radikal bebas penyebab kanker.

Mengatasi Anemia

Anemia merupakan kondisi tubuh dengan kadar hemoglobin yang sangat rendah dibandingkan nilai normalnya. Zat besi yang terkandung di timun suri dapat mengatasi kondisi anemia tersebut.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang membuat penurunan daya fungsi otak. Kandungan senyawa antioksidan dan vitamin K yang terdapat dalam timun suri dapat menjadi solusi untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit tersebut.

  • Bagikan