Merawat Kulit: Tips Eksfoliasi untuk Pemula

  • Bagikan
Ilustrasi Langkah Merawat Wajah

RAKYATSULSEL - Kulit sehat dan bercahaya merupakan impian sebagian besar orang, khususnya perempuan.

Namun, adanya faktor seperti gaya hidup yang tidak sehat, polusi, stres, membuat kulit menjadi kusam dan berjerawat.

Menerapkan perawatan kulit yang tepat dan teratur dapat mengatasi masalah jerawat serta kulit yang kusam.

Salah satu langkah penting adalah melakukan eksfoliasi secara teratur untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di permukaan wajah.

Eksfoliasi adalah hal penting dalam rutinitas perawatan kulit yang sering diabaikan oleh banyak orang.

Padahal, tahapan ini memiliki peran vital dalam menjaga kulit tetap sehat, bersih, dan bercahaya.

Dilansir dari Halodoc.com, Senin (18/3), berikut manfaat eksfoliasi wajah yang perlu diketahui:

  1. Mencegah Jerawat

Eksfoliasi wajah bertujuan untuk mencegah penyumbatan pori-pori dan mengontrol produksi minyak berlebih, maka memiliki manfaat dalam mencegah timbulnya jerawat serta mengurangi bekas jerawat.

  1. Meratakan Warna Kulit

Eksfoliasi bisa membantu mengurangi hiperpigmentasi, meningkatkan penampilan kulit, dan menciptakan kulit yang lebih merata. Menggunakan scrub atau eksfoliator adalah metode sederhana untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

  1. Mengurangi Kerutan

Saat sel-sel kulit mati diangkat, sel baru dapat berkembang dan mendapatkan nutrisi serta oksigen secara teratur. Hal ini berpotensi membantu mengurangi kerutan pada wajah seiring dengan bertambahnya usia.

  1. Membersihkan Pori-Pori

Dengan eksfoliasi, pori-pori dapat dibersihkan hingga ke dalam. Untuk mencapai hal ini, dibutuhkan eksfoliator yang mampu membersihkan hingga ke dalamnya.

  1. Meningkatkan Penyerapan Produk Skincare

Eksfoliasi dapat meningkatkan kinerja seluler kulit, memungkinkan produk yang digunakan meresap dengan lebih baik. Ini memastikan bahwa sel-sel kulit bersih dan mampu menyerap nutrisi dari produk skincare.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah dan Oksigen

Eksfoliasi dapat merangsang drainase limfatik untuk membersihkan secara internal dan meningkatkan aliran darah yang mengandung oksigen, menghasilkan kulit yang lebih bermutu dan sehat secara keseluruhan.

Eksfoliasi juga berfungsi sebagai proses detoksifikasi kulit, bekerja menghilangkan toksin dan kotoran yang tidak sehat. Hasilnya, kulit terasa lebih sehat dan bercahaya.

Rekomendasi Produk Eksfoliasi untuk Pemula

Berdasarkan akun tiktok @skincarebyjessi, berikut produk eksfoliasi yang bisa digunakan:

  • NPURE Cica Clear Pad

Produk ini berisi 30 lembar kapas dengan harga sekitar Rp 129 ribuan, mengandung AHA BHA yang tidak terlalu tinggi, dan centella yang dapat melembabkan kulit.

  • COSRX AHA BHA Clarifying Treatment Toner

Harganya kisaran Rp 130-150 ribu, dengan berat 200 ml. Produk ini berfokus pada kandungan BHA 0,5 persen yang cocok untuk kulit berminyak dan acne prone. Dapat melembabkan juga karena terdapat aloe extract, tidak terasa kering.

  • Glow Better Cloud Skin Recipe Exfoliating Serum

Mempunyai berat 20 ml, harga Rp 115 ribu. Dengan kandungan AHA 3,5 persen, dan BHA 0,5 persen dapat membantu menghaluskan tekstur kulit yang kasar, mencerahkan, dan mencegah pori-pori tersumbat.

  • Noola Breezy Willow Moist Serum

Berat 30 ml dengan harga Rp 99 ribu. Produk ini mengandung dua persen BHA, niacinamide, sodium PCA, serta satu persen centella asiatica. Cocok untuk kulit berjerawat dan komedoan, tidak membuat kulit kering.

Sebelum itu, penting untuk memilih produk eksfoliasi yang tepat sesuai kebutuhan kulit agar tidak rusak dan iritasi. Dilansir dari Halodoc.com, berikut tipsnya:

  • Ketahui Jenis Kulit
  • Perhatikan Kandungannya
  • Hindari Produk yang Mengandung Pewarna dan Pewangi Buatan
  • Cek pH Produk
  • Lakukan Patch Test
  • Konsultasikan dengan Dokter (bila perlu) (jp/raksul)
  • Bagikan