Kantor LKLBH Citra Bangsa Kini Hadir di Makassar, Berikan Bantuan Hukum Gratis untuk Warga Prasejahtera

  • Bagikan
Bunyamin Yapid Bersama Pengurus LKLBH Citra Bangsa dan Ormas La Bolong di Kantor LKLBH Citra Bangsa

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kantor Lembaga Konsultan dan Lembaga Bantuan Hukum (LKLBH) Citra Bangsa resmi hadir di Kota Makassar. Sejumlah tokoh seperti Ketua Ikatan Cendekiawan Alumni Timur Tengah (ICATT) Aderus, Wakil Ketua ICATT Bunyamin Yapid, pengurus PW DDI dan organisasi masyarakat La Bolong menghadiri peresmian Kantor beralamat di Jalan Sultan Alauddin, Senin (25/3).

Ketua LKLBH Citra Bangsa Asdar Arti menyampaikan lembaga Non Government (NGo) ini sejatinya telah berdiri sejak 2019. Hanya saja, aktivitas kegiatan banyak beraktivitas di luar Kota Makassar. Tahun ini baru didirikan dan Wakil Ketua ICATT Bunyamin Yapid sebagai pembina LKLBH Citra Bangsa.

"Jadi kami kemarin banyak di Gorontalo karena kerjaan sebagai dosen juga disana. Nah, alhamdulillah sekarang kita punya kantor di Makassar, Insya Allah bisa berbuat banyak untuk masyarakat khusus Bantuan Hukum ini," ujar Asdar Arti, Selasa (26/3).

Akademisi UMI ini menjelaskan, Lembaga NGo ini memiliki visi dan misi dimana memberikan bantuan hukum bagi masyarakat yang ingin mencari keadilan. Khusus mereka kategori prasejahtera, LKLBH Citra Bangsa akan memberikan bantuan hukum secara gratis. Baik sifatnya litigasi maupun non litigasi.

"Tujuan LKLBH Citra Bangsa adalah bagaimana hadir di Sulsel khususnya di Makassar dalam memberikan akses bantuan hukum bagi masyarakat," jelas.

"Semenjak berdiri,, ada beberapa warga meminta bantuan hukum baik litigasi dan non-litigasi. Bahkan, kami melakukan koordinasi dengan Lembaga lain mewujudkan keadilan, " tambahnya.

Untuk mendapatkan bantuan hukum secara gratis, Asdar menyampaikan, syaratnya mereka masuk kategori tidak mampu dengan memperlihatkan surat keterangan dari pemerintah setempat. "Kita selalu siap memberikan pendampingan hukum untuk masyarakat yang ingin mencari keadilan," tegasnya.

Terpisah Wakil Ketua ICATT Bunyamin Yapid memberikan apresiasi khusus ke LKLBH Citra Bangsa dengan diresmikannya kantor baru. Harapannya, kehadiran NGo ini bisa memberikan rasa keadilan dan bantuan hukum bagi masyarakat kurang mampu.

"Alhamdulillah, kantor LKLBH Citra Bangsa sudah diresmikan, olehnya itu kita berharap mereka bisa memberikan bantuan hukum untuk menciptakan keadilan dengan pendampingan hukum bagi masyarakat," tukasnya. (Armansyah)

  • Bagikan