Lonjakan Penumpang Laut Diprediksi 45 Persen, KSOP Makassar Kerahkan 300 Personel

  • Bagikan
Kepala KSOP Utama Makassar, Capt Sahattua Simatupang

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Makassar menyiagakan sebanyak 300 lebih personel dalam menghadapi lonjakan penumpang pada angkutan laut saat arus mudik lebaran 2024.

Kepala KSOP Utama Makassar, Capt Sahattua Simatupang memprediksi lonjakan penumpang angkutan laut di tahun ini meningkat sebesar 45 persen dibandingkan tahun 2023 yang lalu.

Para personel tersebut disiagakan di Posko Pengamanan yang berada di Pelabuhan Soekarno - Hatta, Jalan Nusantara, Makassar. Posko pengamanan ini hadir sejak tanggal 25 Maret 2024.

"Saya kira pelayanan itu setiap tahun sama, hanya saja di tahun ini, ada antisipasi kita yang sudah disampaikan ke seluruh stakeholder. Prediksi kenaikan 45 persen dibandingkan tahun lalu," jelas Capt Sahattua, saat ditemui usai menghadiri Apel Pengamanan, di Pelabuhan Soekarno - Hatta, Selasa (26/3/2024).

Sebagai upaya mengantisipasi lonjakan penumpang, Capt Sahattua menyebut para stakeholder di setiap unit telah mempersiapkan diri dengan baik.

Antisipasi lainnya, Capt Sahattua menyebut pihaknya menyiapkan dua unit kapal dalam menghadapi lonjakan penumpang.

Sementara itu, terkait mitigasi terhadap kecelakaan laut, Ia menjelaskan latihan telah rutin dilakukan dengan peningkatan kapasitas dan penambahan pos pengamanan.

"Ada respon dari tim yang berjaga setiap hari, itu tidak ada perubahan dan ini semakin meningkatkan kapasitas yang ada, menambah pos yang ada, artinya semakin siap," tutup Capt Sahattua. (Shasa/B)

  • Bagikan