Persiapan Mudik, Maskapai Minta Penambahan Jadwal Penerbangan

  • Bagikan
ILUSTRASI penerbangan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Taochid Purnomo Hadi menyampaikan untuk mudik lebaran ini beberapa telah mengajukan untuk menambah jumlah penerbangan selama musim mudik.

Kata dia, kenaikan jumlah penumpang selama mudik lebaran tentu tak dapat dihindarkan, Lonjakan penumpang diperkirakan akan terjadi pada masa mudik lebaran.

“Jadi puncak arus mudik kami prediksi itu terhadi pada H-3 sampai H-2 idul fitri,” bebernya kepada Rakyat Sulsel, Selasa (26/3/2024).

Ia mengatakan, pihaknya juga tengah mempersiapkan, seperti mendirikan posko angkutan udara lebaran 2024 yang rencananya akan dimulai pada tanggal 3 April 2024 mendatang.

“Menyiapkan fasilitas utama dan menambah sarana fasilitas penunjang untuk penumpang seperti kursi, troli, dll serta terus berkoordinasi dengan komunitas bandara demi kelancaran operasional selama posko Lebaran,” ulasnya.

Bahkan kata dia, sudah terdapat maskapai yang mengajukan permintaan untuk menambah slot jadwal penerbangan.

“Jadi maskapai minta penambahan rute itu ke Kulonprogo, Balikpapan dan Samarinda, dengan tujuan pulang Makassar” bebernya.

Ia membeberkan, saat ini pihaknya juga telah melayani aktivitas penerbangan dengan rincian aktivitas sebagai berikut ; Data pesawat pada periode 1-25 Maret 2024 sebanyak 4.303 pergerakan dengan rata - rata 139 pergerakan pesawat perhari.

Jumlah penumpang sebanyak 584.044 penumpang dengan rata - rata 18.840 penumpang perhari.

Jumlah kargo 7.073 ton dengan rata - rata 228 ton perhari.

“Jumlah pesawat dan penumpang cenderung fluktuatif dan diperkirakan akan terjadi kepadatan pada masa mudik Lebaran nanti,” kuncinya. (Abu/B)

  • Bagikan