Penderita Asam Urat? Komsumsi 6 Buah Ini, Kaya Vitamin C dan Rendah Purin

  • Bagikan
Buah-buahan

RAKYATSULSEL – Penyakit Asam Urat merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian.

Penyakit ini terjadi ketika kadar asam urat dalam darah sangat tinggi sehingga menyebabkan terbentuknya kristal di sekitar sendi.

Pola makan yang buruk menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit asam urat, seperti mengonsumsi makanan tinggi purin.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga dan memperhatikan makanan yang dikonsumsi, menghindari makanan yang mengandung purin, dan meningkatkan pilihan makanan sehat untuk asam urat, seperti buah-buahan.

Jenis buah yang baik dijadikan makanan untuk penderita asam urat adalah buah yang mengandung tinggi vitamin C, karena dapat bantu kurangi kadar asam urat dalam tubuh, dengan cara menghancurkan asam urat dan mengeluarkannya bersama urine.

Melansir laman Halodoc dan Siloam Hospital, Selasa (2/4), berikut rekomendasi buah yang aman dikonsumsi orang dengan radang sendi akibat kadar asam urat yang tinggi.

  1. Jeruk

Buah jeruk baik untuk asam urat karena mengandung vitamin C. Dibuktikan dalam penelitian bahwa asupan 500 mg vitamin C setiap harinya bisa mengurangi nyeri akibat serangan asam urat.

  1. Kiwi

Buah kiwi kaya akan vitamin C yang termasuk dalam kelompok antioksidan, dan lengkap dengan senyawa anti radang lain, seperti lutein dan likopen.

Buah yang rasanya asam tapi menyegarkan ini juga vitamin B kompleks, vitamin A, folat, dan berbagai mineral yang tubuh Anda butuhkan.

  1. Ceri

Ceri jadi buah yang sangat direkomendasikan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, karena ceri mengandung antosianin (pigmen berwarna merah-ungu) yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Kandungan tersebut diyakini dapat menurunkan kadar asam urat sekaligus meredakan nyeri sendi.

  1. Lemon

Air lemon mengandung vitamin C yang bisa menetralkan kadar asam urat di dalam tubuh. 

Selain itu, vitamin C juga bersifat anti radang yang dapat mengurangi peradangan pada sendi ketika asam urat menumpuk di celah-celah tulang.

  1. Pisang

Pisang memiliki kandungan purin yang sangat rendah. Diet rendah purin dapat membantu mengurangi produksi asam urat sehingga mencegah munculnya gejala.

Pisang juga mengandung vitamin C sehingga baik menjadi makanan untuk penderita asam urat. Mengkonsumsi pisang secara rutin mampu mencegah munculnya asam urat secara berulang.

  1. Strawberry

Kandungan vitamin C, mineral, serat, dan antioksidan di dalam stroberi membuat buah ini sering dijadikan pilihan untuk mengatasi berbagai penyakit, salah satunya asam urat.

Sebuah penelitian merekomendasikan stroberi sebagai buah untuk asam urat, karena memiliki efek serupa dengan buah ceri, yaitu menurunkan kadar asam urat. Khasiat ini juga berasal dari kandungan antosianin di dalamnya. (jp/raksul)

  • Bagikan