BPBD Sulsel Imbau Masyarakat Utamakan keselamatan saat Liburan

  • Bagikan
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Amson Padolo

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Libur lebaran acapkali dimanfaatkan masyarakat untuk berkunjung ke tempat wisata bersama sanak keluarga, baik di pantai atau pun lokasi wisata alam lainnya.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Amson Padolo mengimbau masyarakat untuk memperhatikan keselamatan ketika berada pada lokasi wisata.

Kata dia, atensi keselamatan diri itu dapat dilakukan dengan memperhatikan aturan keselamatan pada suatu tempat wisata dan memperhatikan alat keselamatan pribadi.

Bahkan kata dia, bagi penyelenggara tempat wisata yang bersifat alam harus memperhatikan alat-alat keselamatan untuk memberikan jaminan keamanan kepada para pengunjung atau masyarakat.

“Kita imbau untuk tempat-tempat wisata agar menyiagakan alat-alat tanggap darurat seperti Alat pemadam kebakaran (apar) pelampung untuk tempat wisata air serta kesiapsiagaan tenaga rescue,” tegasnya saat diwawancara Rakyat Sulsel, Sabtu (13/4/2024).

Ia melanjutkan, pun untuk masyarakat juga harus memperhatikan kebutuhan pribadi seperti PPPK dan obat-obatan pribadi yang tidak mudah untuk didapatkan sesuai dengan kebutuhan.

“Baiknya untuk menyiapkan obat pribadi yang tidak dijual komersial di setiap wilayah, seperti untuk Asma dan lain sebagainya,” kata dia.

Ia juga menekankan untuk daerah yang memiliki lokasi jalan dan akses yang tergolong ekstrem sebaiknya tidak menjadi pilihan utama ketika akan berlibur.

“Jika ada kekhawatiran atau memerlukan bantuan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan untuk tak segan menghubungi aparat pemerintah setempat,” ujarnya. (abu hamzah/A)

  • Bagikan