MGC Beroperasi Juli 2024

  • Bagikan

MAKASSAR,RAKYATSULSEL- Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menjadwalkan peninjauan progres pembangunan Makassar Goverment Center (MGC) yang berlokasi di Kawasan Taman Macan, Jalan Sultan Hasanuddin, Kota Makassar, Selasa (16/4) hari ini.

Danny Pomanto, sapaan akrabnya mengatakan pembangunan tahap pertama Gedung MGC ini telah rampung pada bulan ini. Di mana, dalam tinjauan tersebut akan melihat persiapan penginstalan Makassar Virtual Economic Center (Marvec).

"Ini kan kita lihat tahap pertamanya April sudah selesai. Saya mau lihat persiapan marvec untuk di install di situ," ujar Danny saat ditemui di Hotel Claro Makassar, Senin (15/4).

Danny berharap pembangunan Gedung MGC ini sudah dapat beroperasi pada Bulan Juli 2024 mendatang dan juga dapat diresmikan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Sebaiknya bulan tujuh bisa dipakai sebagianlah, karena bulan tujuhpi kita beli perabot. Saya berharap bulan tujuh bisa diresmikan presiden," ucap Danny.

Sebab, Presiden Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi ini dijadwalkan akan ke Kota Makassar untuk meresmikan beberapa proyek.

Seperti, Rumah Sakit (RS) Otak Jantung dan Kanker di Kawasan CPI, peletakan batu pertama atau groundbreaking stadion di Sudiang serta menghadiri program Panen Pisang milik Pemprov Sulsel.

Maka dari itu, ia mengaku akan melakukan diskusi dengan Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin untuk meminta izin agar peresmian Gedung MGC dapat dihadiri oleh Presiden RI Jokowi.

"Saya diskusikan ke Pak Pj Gubernur Sulsel, kalau pada saat peresmian rumah sakit dan peletakan batu pertama pembuatan infrastruktur stadion dan panen pisang. Saya minta juga untuk MGC," terang Danny.

Sebelumnya, Danny Pomanto mengatakan di tahap awal Gedung MGC akan beroperasi hanya tiga lantai dari total delapan lantai. Nantinya, Gedung MGC memiliki tiga lantai yang terdiri dari lantai dasar atau Ground Floor, lantai satu menjadi ruang servis area dan lantai dua untuk Mal Pelayanan Publik (MPP)

Diketahui, MGC merupakan MPP yang akan melayani masyarakat dalam pengurusan perizinan hingga pengurusan data penduduk. Dengan anggaran sebesar Rp200 miliar.

Danny menyebut nantinya di MGC ini akan menjadi pusat kantor-kantor pelayanan publik. Yakni, kantor Dinas Kesehatan, Dinas Tata Ruang, Dinas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Pariwisata, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil), Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker), Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Lebih lanjut, Danny menjelaskan pengerjaan proyek MGC menggunakan skema rancang dan bangun (design and build). Di mana, kata Danny, skema tersebut memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Hal itu dilakukan karena lahan yang sempit.

"Orang biasa membangun dari lantai satu dulu tapi ini tidak, jadi namanya bisa up and down, dari bawah ke atass atau pun sebaliknya," ucap Danny.

Danny menambahkan gedung MGC memiliki konsep ramah lingkungan. Jika MGC telah rampung, maka akan menjadi gedung pemerintahan pertama yang berkonsep green rooftop.

"Ini akan menjadi bangunan pemerintah pertama untuk green building di Makassar," ucap Danny. (Shasa/B)

Ketgam: Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, saat ditemui di Hotel Claro Makassar, Senin (15/4).

  • Bagikan