Sambut Hari Bumi, Pemprov Sulsel Bakal Tanam Jutaan Pohon di DAS

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin menggalakkan menanam pohon menyambut Hari Bumi Sedunia 2024

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kualitas ekosistem Daerah Aliran Sungai (DAS) perlu diperhatikan. Pohon menjadi harapan utama dalam menjaga stabilitas ekosistem, terutama pada wilayah yang menjadi sumber air di Sulsel.

Kepala Dinas Kehutanan Sulsel, Andi Hasbi Nur menyampaikan Pemprov Sulsel sendiri telah menyiapkan dua juta pohon untuk menyambut Hari Bumi se-dunia pada 22 April mendatang.

Kata dia, atensi untuk DAS dengan menanam pohon merupakan langkah konkrit dalam menjaga flora dan fauna.

Sebab, tumbuhan tentu dapat tumbuh dengan baik ketika pohon menjadi pagar utama dalam ketersediaan cadangan air dan kualitas tanah, sebab akan pohon akan menahan tanah agar tak terjadi pergeseran tanah hingga zat haranya.

Pun untuk jenis hewan, seperti Ikan dan hewan air lainnya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik jika kualitas air terjaga.

“Kekeruhan air sangat dipengaruhi oleh kualitas tutupan hutan atau pun lahan, zat hara tanah juga akan terbawa arus air hujan jika tidak ada pohon yang menahan,” ungkapnya baru-baru ini.

Selain itu Andi Hasbi melanjutkan dampak bencana alam juga dapat teratasi seperti banjir dan tanah longsor jika pohon sudah tumbuh dengan baik.

  • Bagikan