Pasca Salat Idulfitri, Pemerintah Kecamatan Ujung Pandang Langsung Bersihkan Lapangan Karebosi

  • Bagikan
Camat Ujung Pandang, Syahrial Syamsuri, saat memantau langsung pembersihan sampah di kawasan Lapangan Karebosi, usai pelaksanaan Salat Idulfitri 1445 H

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Guna mengantisipasi tumpukan sampah berupa kertas koran maupun jenis sampah lainnya yang ditinggalkan oleh para jamaah pasca pelaksanaan Salat Ied, yang menjadi momen puncak perayaan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, yang dilaksanakan di Lapangan Karebosi, Rabu, 10 April 2024.

Pemerintah Kecamatan Ujung Pandang pun mengaku telah mengantisipasi dengan menyiagakan petugas kebersihan yang akan langsung menyisir seluruh sampah di areal Lapangan Karebosi, usai pelaksanaan salat Idulfitri 1445.

Puluhan petugas kebersihan serta pengawas kebersihan yang tergabung dalam Satgas Kebersihan Kota Makassar pun dikerahkan membersihkan areal Lapangan Karebosi.

Petugas kebersihan dari satgas kebersihan Kecamatan Ujung Pandang yang diterjunkan pun langsung melakukan pembersihan pada titik-titik yang telah ditentukan di beberapa lokasi pelaksanaan salat Idulfitri seperti tahun-tahun sebelumnya.

Bahkan, Camat Ujung Pandang, Syahrial Syamsuri didampingi Sekcam dan seluruh Kepala Kelurahan se-Kecamatan Ujung Pandang, terlihat turun langsung memantau jalannya proses pembersihan hingga selesai.

"Para petugas kebersihan ini sudah standby sebelum Salat Ied, sehingga setelah mengikuti pelaksanaan salat Idulfitri, petugas kebersihan segera mengganti pakaian mereka dengan seragam Satgas Kebersihan dan langsung melanjutkan tugas mereka, menjaga kebersihan Kota Makassar. Mereka membantu panitia pelaksanaan salat Idulfitri membersihkan koran-koran bekas yang digunakan sebagai alas sajadah yang berserakan," ungkap Camat Ujung Pandang, Syahrial Syamsuri.

Tidak hanya di Lapangan Karebosi, lanjutnya, petugas kebersihan ini juga membersihkan koran bekas yang berserakan di sepanjang ruas jalan di sekitar Lapangan Karebosi.

Camat Ujungpandang juga mengatakan, bahwa Satgas Kebersihan selalu siap dan langsung bertugas setelah pelaksanaan sholat Idul Fitri. Menurutnya, Satgas Kebersihan kecamatan Ujungpandang merupakan bagian dari petugas kebersihan yang dipersiapkan dari seluruh kecamatan di Kota Makassar.

"Setiap tahun kami melakukan antisipasi terhadap hal ini, melakukan pembersihan di semua titik meskipun masih dalam suasana libur lebaran," ujarnya. (*)

  • Bagikan