Realisasi PAD Sulsel Triwulan I 2024 Capai Rp893 Miliar, Pajak Air Permukaan Tertinggi

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sulsel mencapai Rp 893 miliar lebih pada triwulan pertama (TW I) tahun anggaran 2024.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel, Reza Faisal Saleh menyampaikan, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) menjadi PAD tertinggi untuk periode TW I tahun anggaran 2024.

Ia menyampaikan, dari target tahun ini sebesar Rp1,7 Triliun lebih, realisasi pendapatannya sudah mencapai 21,24 persen.

“PKB tahun ini  Targetnya Rp  1,7 triliun  dan Realisasinya sudah mencapai Rp361,5 Miliar untuk triwulan pertama tahun 2024,” bebernya.

Ia menjelaskan, Untuk PAD Sulsel sendiri terbagi menjadi empat sumber yaitu, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB), dan Pajak Air Permukaan (PAP).

Namun secara persentase, Pajak Air Permukaan (PAP) menjadi realisasi pendapatan tertinggi jika dibandingkan dengan PKB, PBBKB dan BBNKB meskipun targetnya paling kecil diantara empat sumber PAD tersebut.

“Pajak Air Permukaan Targetnya Rp 204,9 miliar dan realisasinya sudah Rp48,6 miliar atau 23,75 persen,” tuturnya.

Untuk Informasi, Wajib Pajak Air Permukaan adalah orang pribadi atau Badan yang melakukan pengambilan dan/atau pemanfaatan air permukaan. Air permukaan (surface water) meliputi air sungai, danau, waduk, rawa dan genangan air lainnya, tidak mengalami infiltrasi ke bawah tanah.

Selanjutnya, Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) persentasenya sudah mencapai 23, 14 persen dari target tahun ini.

“Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor tahun ini Targetnya Rp 1,11 triliun dan realisasinya sudah Rp  257 miliar” sebutnya.

Lalu, Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) realisasinya sudah mencapai 21,18 persen dari target tahun ini.

“Pajak Bahan Bakar Targetnya Rp  1,067 T dan sudah terealisasi Rp 226 miliar,” ulasnya, saat diwawancara Rakyat Sulsel, Selasa (16/4/2024). (Abu/B)

  • Bagikan