Upacara Peringatan HKN: Wabup Selayar Ungkap Makna Minal Aidin Wal Faidzin

  • Bagikan
Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H Saiful Arif, SH, memimpin upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN) di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Senin (17/4/2024).

KEPULAUAN SELAYAR, RAKYATSULSEL - Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H Saiful Arif, SH, memimpin upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN) di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Rabu (17/4/2024), sebagai Inspektur upacara.

Upacara dimulai dengan pengibaran Bendera Merah Putih dan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada purna tugas PNS serta penyerahan santunan Jaminan Kematian (JKM) BPJS Ketenagakerjaan.

Mengingat masih dalam suasana Idulfitri 1445 H, Wabup Saiful Arif menyampaikan Minal Aidzin Walfaidzin kepada seluruh peserta upacara. Orang nomor dua di Kabupaten Kepulauan Selayar ini juga sedikit mengulas tentang makna ungkapan tersebut.

"Ketika orang mengucapkan Minal Aidzin Walfaidzin, kadang-kadang orang menjawab dengan ucapan yang sama, tetapi seharusnya dijawab dengan Aamiin," ungkap Saiful Arif.

Menurutnya, kalimat Minal Aidzin Walfaidzin memiliki makna yang dalam yang perlu dipahami agar orang-orang dapat memahami maknanya yang sebenarnya. Ia menjelaskan bahwa kalimat tersebut bukanlah sekadar permohonan maaf, melainkan potongan dari doa ja’alanallahu minal aidin wal faizin, yang berarti "semoga Allah menjadikan kita termasuk dalam golongan orang-orang yang kembali dan orang-orang yang memperoleh kemenangan."

Wakil Bupati Saiful Arif juga mengucapkan terima kasih kepada purna bakti PNS yang telah memasuki masa pensiun atas dedikasi dan pengabdiannya untuk kemajuan Kabupaten Kepulauan Selayar.

Dalam upacara Hari Kesadaran Nasional tersebut, enam orang menerima penghargaan atas purna tugas mereka, antara lain:

  1. Kepala Bappelitbangda Drs. Basok Lewa,
  2. Patta Aris (Disdikpora),
  3. Ambo (Kecamatan Bontomanai),
  4. Andi Suhri (Sekretariat DPRD),
  5. Muhammad Ridwan, S.Pi (Dinas Perikanan), dan
  6. Akhmad Syukri (Kantor Kecamatan Bontomatene). (*)
  • Bagikan