Tahapan PPDB 2024 di Sulsel Dimulai Mei, Disdik Sulsel Sebut Ada Perampingan Jalur Penerimaan

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024, akan dimulai pada bulan Mei mendatang.

Kepala UPT TIK Disdik Sulsel, Elix menyampaikan, juknis PPDB tahun ini berpotensi akan berubah dari tahun sebelumnya.

Kata dia, perubahannya itu pada tingkat SMK karena adanya perampingan jalur penerimaan. Namun untuk SMA, jalur penerimaannya sama seperti tahun sebelumnya.

Hanya saja, untuk kepastiannya, elix melanjutkan masih menunggu finalisasi juknis PPDB SMK tahun ini.

"Terkait dengan jalur pendaftarannya kemungkinan (ramping), tapi kami masih menunggu finalisasi juknis dari bidang SMK" tuturnya baru-baru ini.

Kemudian di beberapa jurusan SMK dalam PPDB ini memberlakukan tes di luar prestasi akademik maupun non akademik, seperti tes kesehatan, tes mata, hingga tinggi badan. 

“Tes mata dan kesehatan biasanya dilakukan pada jurusan elektronika, sedangkan tinggi badan pada jurusan kepariwisataan,” jelasnya.

Ia mengatakan, pengetatan pengawasan tentu menjadi atensi pihak Disdik Sulsel tahun ini, terutama pada langkah yang acap kali digunakan para siswa agar dapat mempermudah pada jalur zonasi.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Andi Ibrahim juga mengatakan, saat ini Disdik masih sementara dalam perampungan petunjuk teknis. Masing-masing bidang (SMA dan SMK) sedang menyusun juknis untuk disodorkan kepada dirinya.

"Saya masih sementara merampungkan masukan-masukan dari sekolah-sekolah terkait penyelenggaraan PPDB tahun ini," pungkasnya. (Abu/B)

  • Bagikan