Harga Pangan Pasca Lebaran Fluktuatif

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Sub Koordinator Harga Pangan Dinas Ketahanan Pangan Sulsel Main Sese Inda Laila menyampaikan harga pangan tingkat konsumen di wilayah Makassar, Maros, Sungguminasa-Gowa dan Takalar (Mamminasata) pekan pertama pasca Lebaran fluktuatif.

Ia membeberkan, untuk harga beras tingkat konsumen Kabupaten Gowa menjadi daerah dengan harga terendah di pekan pertama pasca hari besar keagamaan.

Untuk harga beras premium itu berada pada kisaran Rp 12.500  dan beras medium Rp  11.500 per kilo.

Dari empat wilayah tersebut Kabupaten Maros menjadi daerah dengan harga beras tertinggi dengan kisaran harga beras premium Rp 15.500 dan beras medium Rp  14.ribu  per kilo.

“Kabupaten Gowa mengalami penurunan harga beras yang cukup baik dan terbilang normal,” tuturnya saat dikonfirmasi Rakyat Sulsel, Jumat (19/4/2024).

Ia melanjutkan, meski Kabupaten Maros menjadi harga beras tertinggi, tetapi harga minyak goreng kemasan terendah dari empat kabupaten tersebut, yaitu Rp 16.000 per kilo. Sedangkan untuk tiga wilayah lainnya mulai dari Rp 17 ribu  per kilo sampai Rp 18 ribu per kilo.

Ia melanjutkan, harga cabai di wilayah Mamminasata kembali tembus mulai dari Rp 40 ribu sampai Rp 52 ribu per kilo. Cabai keriting itu mulai dari Rp 30 ribu sampai 40 ribu per kilo.

Tak hanya itu, harga komoditas bawang putih  juga mencapai angka Rp 45 ribu per kilo dan bawang merah tembus di angka Rp 50 ribu per kilo.

“Dua harga tersebut merupakan harga tingkat konsumen di Kabupaten Maros per 19 April 2024,” bebernya.

Ia juga menyampaikan, untuk harga gula pasir pada pekan pertama pasca Lebaran 2024 ini masih berada pada kisaran Rp 16 ribu sampai Rp 18 ribu per kilo. (Abu)

  • Bagikan