Partai NasDem Cari Figur Capres, Begini Kata Akademisi UIN Alauddin

  • Bagikan
Ibnu Hadjar Yusuf

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai NasDem akan menggelar rapat kerja nasional pada 15-17 Juni 2022 di Jakarta. Agenda utama dari rakernas ini adalah memberikan usulan calon presiden 2024.

Partai NasDem akan memilih calon Presiden 2024 dalam rapat kerja nasional atau rakernas yang akan digelar pada 15-17 Juni 2022 di Jakarta.

Ada tiga nama yang bakal disodorkan ke Ketum Surya Paloh. Tiga nama capres yang bakal disodorkan berasal dari usulan DPW NasDem. Dimana masing-masing DPW akan mengusulkan nama-nama dan nanti akan dikerucutkan oleh SC (steering commite) menjadi tiga nama.

Lantas, bagaimana melihat peluang arah usungan NasDem di Pilpres 2024. Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar, Ibnu Hadjar Yusuf menilai, NasDem berpeluang melirik sosok Anies Baswedan di capres 2024.

"Besar kemungkinannya dan besar peluangnya NasDem dorong Anis capres 2024 sebagai capres tunggal partai NasDem," katanya, Rabu (11/5/2022).

Menurut akademisi UIN Alauddin Makassar itu. Rakernas Partai NasDem adalah mekanisme kerja organisasi partai dan membuka ruang demokrasi dalam menentukan arah pilihan siapa yang akan diusung sebagai Capres 2024 adalah langkah yang tepat dan cepat dalam pergerakan Politiknya.

"Dilain sisi forum rakernas ini juga menjadi pemetaan figur-figur yang potensial hasil dari survei yang dilakukan oleh internal partai Nasdem terkait figur yg dominan diminati khalayak ramai dalam momentum Pilpres 2024 sebagai bagian dari sirkulasi elit," terangnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Johnny Gerard Plate menjelaskan bahwa usulan capres tersebut akan disampaikan melalui mekanisme di rakernas. Menurutnya ada beberapa calon yang akan diajukan.

"Calon-calon yang diusulkan pasti merupakan putra-putri terbaik yang punya potensi tinggi sebagai kepala negara dan pemimpin pemerintahan," ujarnya.

Namun, Johnny masih belum menyebutkan siapa saja nama yang akan diajukan sebagai capres 2024.

"Nama-nama capres merupakan hasil keputusan dan rekomendasi rakernas, serta akan disampaikan kepada ketua umum NasDem pada saat rakernas nanti," katanya.

Menurut informasi, ada tiga nama yang kemungkinan akan diajukan menjadi capres. Mereka adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Yad)

  • Bagikan