HUT ke-65 Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Purn Andi Sumangerukka Dikukuhkan jadi Bapak Angkat

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Kodam XIV Hasanuddin tahun 2022 di Lapangan M. Jusuf Makodam, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Kamis (2/6/2022) dihadiri oleh mantan Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Purn Andi Sumangerukka. 

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam Kodam XIV Hasanuddin periode 2020-2021 itu turut dikukuhkan sebagai Bapak Angkat Kodam XIV Hasanuddin.

"Saya pernah jadi bagian dari Kodam XIV Hasanuddin sehingga hari ini saya dikukuhkan dan diangkat sebagai bapak angkat," kata Mayjen TNI Purn Andi Sumangerukka pada wartawan usai upacara digelar.

Menurutnya, tagline Kodam XIV Hasanuddin 'Setia Hingga Akhir' selalu melekat dalam dirinya. Kalimat tersebut adalah pengikat yang tidak terpisahkan dengan kehidupan sehari-harinya.

 "Artinya selama badan ini masih bernafas maka kesetiaan itu tetap berada pada kita. Selama saya masih kuat maka kesetiaan itu akan saya tunjukan. Inilah bagian dari kesetiaan itu," ucapnya.

Dalam kesempatan ini juga, Mayjen TNI Purn Andi Sumangerukka memberikan dukungan bantuan kendaraan roda dua sebanyak 100 unit. Pemberian itu disebut bukti kesetiaan dirinya terhadap kesatuan yang pernah ia tempati bernaung.

Tak lupa, penyematan gelar Bapak Angkat pada dirinya dinilai adalah suatu tanggung jawab baru, selayaknya bapak untuk anak-anaknya. Dengan terbuka ia menyampaikan akan selalu membuka diri menerima anak-anaknya kapan pun ingin bersilaturahmi.

"Para prajurit ini adalah anak-anak saya. Maka komunikasi antara bapak dan anak terbuka lebar. Maka saya meluangkan waktu untuk mereka berkomunikasi sebagai anak karena antara bapak dan anak, komunikasi itu harus terjalin dengan baik. Ke depan komunikasi akan terbuka lebar dan seluas luasnya. Mereka bisa mendatangi saya kapan saja," ujarnya.

Ditempat yang sama, Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad mengaku merasa terharu atas perhatian dan kepedulian Mayjen TNI Purn Andi Sumangerukka.

"Cuman malu saja keluarkan air mata karena kita seorang perwira tapi saya sekali terima kasih atas kepedulian bapak Mayjen TNI Purn Andi Sumangerukka. Kita doakan beliau mudah-mudahan semoga diberikan kesehatan, kesusksesan di dalam meraih cita-citanya ke depan," harapnya.

Tak lupa hadiah 100 unit kendaraan dinas (Randis) untuk para Babinsa jajaran Kodam XIV Hasanuddin di daerah dinilai sangat membantu sebab sangat diperlukan dalam operasi utamanya di wilayah yang masih terisolir. 

"Saya tidak menyangka bahwa beliau akan mendukung kendaraan roda dua sebanyak 100 unit, dan tahapan pertama diberikan 30 unit. Ini sangat-sangat dibutuhkan. Sangat diperlukan, khususnya para Babinsa kita di daerah-daerah kepulauan, di daerah-daerah terpencil di kabupaten maupun kecamatan atau di desa-desa. Mereka sangat memerlukan kendaraan ini," kuncinya. (Cr3)

  • Bagikan