Persaingan Antarcaleg Internal Parpol Kompetitif

  • Bagikan
Persaingan Kader Lebih Sengit

Tetapi bagi para caleg sendiri, resikonya akan berhadapan dengan caleg dari partai dan dapil yang sama.

"Karena itu, siapapun caleg yang ingin terpilih mesti mengerahkan effort ekstra untuk mengalahkan satu sama lain," tutupnya.

Direktur Eksekutif Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir mengakui, persaingan di Pileg 2024 itu lebih banyak terjadi di internal partai itu sendiri.

Dengan demikian kata dia, semua caleg seharusnya bekerja sama untuk mendapatkan jatah kursi. Karena jatah kursi terbatas di setiap Dapil.

"Harus memastikan partai mendapatkan kursi," ujarnya.

Ia memberi saran kepada seluruh parpol agar tidak menempatkan satu dua orang saja yang memiliki daya tarik dipilih oleh masyarakat. Jangan sampai sebagai caleg mereka tidak bekerja karena menganggap persaingan internal lebih kuat dibanding dirinya.

"Jadi sebisa mungkin setiap Dapil menetapkan 3 sampai 5 orang figur populer agar banyak mencari suara. Setelah itu baru persaingan di internal," jelasnya.

Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) mengatakan, komposisi Bacaleg 2024 untuk semua tingkatan, termasuk DPR RI tengah disusun.

"Kita sudah sampaikan pengurus DPC hingga DPD, sekarang sudah menyiapkan bacaleg. Dan komposisi sementara berjalan," kata AIA saat rakor DPD Gerindra Sulsel, persiapan verifikasi dan pendaftaran parpol di Hotel Claro Makassar, Selasa (12/7/2022).

  • Bagikan