Terungkap Formasi Bintang saat Pengibaran Pusaka di Istana Negara

  • Bagikan
Bintang, siswi SMAN 7 Kabupaten Luwu Utara Pasukan Pengibar HUT ke-77

Bintang menyebutkan bahwa pencapaiannya tak lain adalah berkat doa dan dukungan dari orang tua, teman, tim pelatih, tim pendamping dan tentunya dari pemerintah daerah.

“Semuanya berkat doa dan support orang tua, teman, pelatih, pendamping dan pemerintah daerah. Semuanya begitu baik,” pungkas Bintang yang mengaku senang bisa bertemu dengan teman-teman yang baru dari 34 provinsi di Indonesia.

Dikutip dari detik.com, formasi baris berbaris 17-8-45 ini pertama kali dicetuskan oleh Husein Mutahar, pria kelahiran Semarang 5 Agustus 1916. Selain dikenal sebagai komposer, Mutahar juga seorang diplomat. Ia menjabat Duta Besar RI di Vatikan pada 1969-1973. Ia Mutahar juga aktif di organisasi kepramukaan.

Masih melansir detik.com, formasi pasukan pengibar bendera 17-8-45 adalah sebagai berikut: Bagian paling depan adalah kelompok 17 sebagai pengiring pasukan. Bagian kedua kelompok 8, berada persis di belakang kelompok 17. Pasukan ketiga adalah kelompok 45, posisinya di belakang kelompok 8 membawa senapan berperan sebagai pasukan pengawal/pengaman kehormatan dengan fungsi simbolis. (LH)

  • Bagikan