Sekda Pinrang Gelar Rapat Terbatas Soal Penanganan PMK

  • Bagikan
Sekda Pinrang, Budaya Pimpin Ratas Bahas Soal PMK

PINRANG, RAKYATSULSEL - Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pinrang Budaya memimpin langsung rapat terbatas satuan tugas penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di ruang rapat Sekda Pinrang.

Agenda ini, tim melakukan berbagai evaluasi terhadap penanganan penyebaran PMK di 12 Kecamatan di Kabupaten Pinrang. Hasilnya, tiga kecamatan dinyatakan steril dan tidak ditemukan kasus PMK pada hewan ternak.

Kata Budaya, capaian ini menuntut langkah antisipatif agar ketiga kecamatan tersebut tetap terbebas dari PMK.

“Percepatan vaksinasi PMK perlu dilakukan, untuk menghindari penyebaran PMK pada hewan ternak masyarakat," ujar Budaya, Kamis (13/10).

Budaya juga menegaskan agar para pedagang tetap patuh terhadap edaran Bupati Pinrang untuk tidak memasukkan hewan ternak yang terinfeksi sehingga tidak menulari hewan ternak yang sehat.

“Kalau memang masih ditemukan, maka hewan ternak tersebut harus dipulangkan ke daerah asalnya” tegasnya.

Selain itu, Budaya menilai perlu sosialisasi dilakukan secara masif agar masyarakat pemilik hewan ternak dan para pedagang sadar akan bahaya dari penyakit ini.

“Kita akan lakukan sosialisasi melalui media radio dan masjid agar warga sadar akan pentingnya penanganan PMK ini," pungkasnya. (A)

  • Bagikan