DEMA UIN Alauddin Bakal Gelar Seminar Nasional Leadership And Entrepreneurship

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) UIN Alauddin akan menghelat seminar nasional Indonesia Recovery Leadership And Entrepreneurship dengan tema “The Role Indonesian youth for 2045.

Seminar itu akan dilangsungkan tanggal 25 Oktober mendatang, bertempat di Auditorium kampus II UIN Alauddin. Kegiatan ini terbuka untuk umum. Untuk mengikuti acara itu, calon peserta seminar harus membeli tiket seharga tiga puluh lima ribu rupiah.

Adapun yang akan menjadi narasumber dalam seminar ini yaitu anggota DPR RI, Dr. H Amir Uskara, Wakil Ketua MPR RI, Tamsil Linrung, Mantan Menteri Pertanian Ri, Dr Andi Amran Sulaiman, Public speaker internasional, Syafii Efendi MM, Rektor UIN Alauddin Prof Hamdan Juhannis dan Influencer millenial, Sherly Annavita M SIPh. Serta akan dimoderatori oleh tokoh pemuda Sulawesi selatan Rijal Jamal M Si.

Latar belakang diadakannya seminar ini karena banyaknya kasus pemuda setelah lulus menjadi sarjana, lebih rentan dan lebih mungkin menjadi pengangguran dibandingkan dengan bekerja.

Oleh karena itu, perlu adanya wadah untuk mempersiapkan dan mendorong pemuda untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan skill dan memiliki jiwa kepemimpinan untuk menjadi penerus bangsa yang berkualitas khususnya dalam bidang kewirausahaan.

Seminar Nasional ini menjadi upaya untuk mempersiapkan para pemuda yang memiliki jiwa kepemimpinan dalam bidang kewirausahaan. Selain itu, agenda diskusi nasional ini juga digelar untuk menyambut hari sumpah pemuda pada 28 Oktober mendatang.

Benefit yang akan diperoleh peserta yang mengikuti kegiatan ini yaitu ilmu pengetahuan, voucher sertifikat nasional, hingga dapat konsultasi karir 7 hari.

Salah satu panitia menuturkan, kegiatan ini sangat penting untuk mahasiswa yang notabenenya masih merasa miskin wawasan.

Menurutnya mahasiswa sangat penting mengikuti seminar ini, faktor pertama karena pembicara yang dihadirkan pembicara berskala nasional yang tidak hanya berhasil memberi motivasi kepada ratusan orang tapi ratusan ribu orang sampai jutaan pemuda yang ada di Indonesia, dengan segala motivasi-motivasinya, yang kedua kegiatan ini mengusung tema yang berbicara peran pemuda jadi, pemateri fokusnya membahas tentang masalah-masalah kepemudaan terkhusus dipersoalan kepemimpinan dan Entrepreneurship.

"Jadi, penting untuk bagaimana mengembangkan jiwa kepemimpinan pemuda dan bagaimana bisa bersaing dalam masyarakat ekonomi Asia, jadi itu menjadi faktor utama," pungkas Muh. Aqil Al Waris Wakil Presiden Mahasiswa UIN Alauddin Makassar. (*)

Citizen Reporter: Alam Nasyirah

  • Bagikan