Bawaslu Palopo: Butuh Kerja Sama Awasi Pemilu

  • Bagikan
Agenda Fasilitasi Pengawasan Penyelenggaraan Tahapan Pemilu di Hotel Agro. Rabu (23/11). (A/Fahrul)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Bawaslu Palopo menggelar Fasilitasi Pengawasan Penyelenggaraan Tahapan Pemilu Tahun 2024. Tujuannya, meningkatkan pemahaman jajaran terkait tupoksi pengawasan Bawaslu.

Ketua Bawaslu Palopo Asbudi, menegaskan ke peserta untuk memahami tagline Bawaslu. Kata dia, pelibatan masyarakat dalam kerja-kerja pengawasan yang tengah dilakukan adalah bentuk implementasi dari tagline tersebut.

“Dalam kerja-kerja pengawasan kami tidak bisa bekerja sendiri, tidak bisa pula bekerja mengharapkan satu sama lain. melainkan bekerja sama dengan mitra strategis kami,” jelas Asbudi pada kegiatan Fasilitasi Pengawasan Penyelenggaraan Tahapan Pemilu di Hotel Agro, Rabu (23/11)

Selanjutnya, ia menjelaskan pentingnya membangun mitra dalam memaksimalkan pengawalan tahapan ini. Asbudi juga berharap panwaslu kecamatan aktif membangun kolaborasi dengan mitra.

“Pentingnya kolaborasi agar pendapat dari semua unsur dapat kita capai,” Jelasnya

Dirinya menegakkan keadilan pemilu yang harus di afirmasi dalam kinerja Bawaslu dalam semua tingkatan. Menurutnya, Keadilan Pemilu merupakan mahkota dalam tagline yang dieluh-eluhkan selama ini.

“Keadilan pemilu yang menjadi penegasan dalam pelaksanaan tugas-tugas kita di lapangan. Kalau kami hanya berpikir teknis, itu akan berjalan timpang,” tegas Asbudi

Dirinya membeberkan afirmasi yang dapat diimplementasikan dalam kerja-kerja diantaranya adalah menggunakan kewenangan berdasarkan hukum, bersikap dan bertindak non partisan atau imparsial dan bekerja secara transparan dan akuntabel. (Fahrul/Raksul/B)

  • Bagikan