Wamendag RI Buka Raķernas PMKRI XI di Tator

  • Bagikan
Suasana Rakornas di Toraja

TATOR, RAKYATSULSEL - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Persatuan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Ke- XI di Makale Kabupaten Tana Toraja (Tator), 22-28 Januari 2023.

Adapun tema dalam agenda tersebut yakni peran generasi muda menyongsong Indonesia emas 2045. Hadir Bupati Tator Theofilus Allorerung, Bupati Toraja Utara (Torut) Yohanis Bassang.

Kemudian, perwakilan Gubernur Sulsel yakni Kepala BPBD Sulsel Amson Padolo, Forkopimda, Anggota DPRD Sulsel Jhon Renden Mangontan, kepala OPD dan sejumlah tokoh PMKR, dan OKP.

Wamen Perdagangan RI, Jerry Sambuaga mengatakan dirinya menyempatkan hadir di acara ini padahal baru pulang dari kunjungan kerja luar negeri. Kunjungan kali ini adalah kedua kalinya.

"Saya tidak peduli mau dari Swiss, masih jetleg, masih lelah. Saya tidak peduli, dan saya bersukacita bisa hadir dalam momen spesial ini," ungkap Jerry.

Jerry menjelaskan, Indonesia mengalami surplus pada 2022 kemarin dimana ekspor lebih tinggi dari impor. Kejadian ini menjadi pertama kali sejak Indonesia merdeka.

Hal ini dikarenakan Indonesia tidak lagi mengexpor bahan mentah tetapi barang sudah diolah. Awalnya, negara uni Eropa menolak namun Indonesia bertahan karena punya hak penuh dan memiliki kedaulatan mengenai ekspor.

  • Bagikan