Digelar Sejak 2017, Musrenbang Perempuan dan Anak Wujud Komitmen Kepemimpinan TP

  • Bagikan

  • Beri Ruang bagi Perempuan dan Anak Tuangkan Aspirasi dan Hak dalam Pembangunan

PAREPARE, RAKSUL- Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare kembali menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) perempuan dan anak. Musrebang Perempuan dan anak ini merupakan musrebang kesekian kalinya yang digelar sejak 2017 di era kepemimpinan Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe (TP).

Musrebang Perempuan dan Anak Tingkat Kota Parepare ini dipusatkkan di Auditorium BJ Habibie, Kota Parepare, Kamis, (30/3/2023). Dibuka langsung oleh Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe.

Dalam laporannya, Plt Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Parepare, Eko W Ariyadi mengatakan, kegiatan musrenbang itu sebagai wujud perhatian dan kepedulian pemerintah kota Parepare dalam melibatkan perempuan dan anak terhadap pembangunan.

"Musrebang perempuan dan anak ini dilaksanakan sejak 2017 sebagai komitmen Pemkot yang tinggi dalam memberikan ruang kepada anak dan perempuan dalam perumusan pembangunan demi kesejahteraan mereka," ujar Eko, sapaan karib dia.

Diuraikan, sebagai 92 anak dan 65 organisasi perempuan dari berbagai kalangan yang dilibatkan pada kegiatan Musrebang Perempuan dan Anak itu.

Sementara, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menekankan, pelibatan perempuan dan anak dalam musrenbang sangat penting agar para perempuan dan anak juga merasakan hasil pembangunan atas aspirasi mereka.

"Saya menyadari bahwa Ibu-ibu dan anak-anak adalah bagian daris take holder. Agar haknya terpenuhi sehingga kita hadirkan Musrenbang ini untuk kesejahteraanya," papar TP, akronim nama Taufan Pawe yang hadir bersama sejumlah Kepala SKPD yang di dalamnya dihuni sejumlah perempuan.

"Konsep pembangunan saya tidak perlu diragukan dalam kesetaraan gender, Pejabat struktural, Kepala SKPD saya banyak perempuan. Oleh karena itu, forum Musrenbang adalah indikator kebersamaan dalam sebuah 'aquarium'," imbuh Taufan.

Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini berharap, para peserta dapat memanfaatkan momen itu secara interaktif agar kebutuhannya terpenuhi dalam pembangunan.

Dalam Musrenbang itu juga dihadiri Ketua TP PKK Parepare yang juga Bunda PAUD, Hj Erna Rasyid Taufan yang hadir memberikan motivasi kepada para perempuan dan anak untuk memanfaatkan kegiatan itu sebagai wadah menyalurkan aspirasi dan hak-haknya. (*)

  • Bagikan