Empat Wisata Alam di Bantaeng Ini Wajib Banget Kalian Kunjungi 

  • Bagikan
Bupati Bantaeng, Ilham Azikin saat berada di kawasan Hutan Pinus Rombeng, Desa Bonto Lojong, Kecamatan Uluere, beberapa waktu lalu.

BANTAENG, RAKYATSULSEL - Kabupaten Bantaeng merupakan salah satu kabupaten yang terletak selatan di provinsi Sulawesi Selatan. Selain dikenal dengan sumber daya alamnya yang melimpah, Bantaeng juga menyimpan banyak destinasi wisata alam yang menakjubkan dan wajib dikunjungi wisatawan.

Kabupaten dengan julukan Butta Toa ini  berjarak 123 kilometer dari pusat Kota Makassar. Dengan jarak ratusan kilometer ini tentunya bukanlah penghalang untuk memanjakan diri dengan berwisata dan menikmati keindahan alam Bantaeng.

Sejumlah objek wisata alam di Bantaeng sangat cocok untuk menjadi agenda liburan keluarga atau bersama orang yang terkasih. Selain tempatnya yang indah, destinasi wisata alam di Bantaeng juga sangat instagramable dengan berbagai spot-spot foto yang akan memanjakan mata dan postingan sosial media kalian yang akan tambah kece.

Tanpa panjang-panjang, berikut empat daftar rekomendasi destinasi wisata alam yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung di Bantaeng :

1. Air Terjun Bissappu 

Foto IG @Kantinova
Air Terjun Bissappu - Sumber; IG @Kantinova

Air Terjun Bissappu setelah mendapat sentuhan Bupati Bantaeng, Ilham Azikin pada tahun 2021 melalui Dinas Pariwisata, kini mengalami banyak perubahan. Selain menambah keindahan air terjun dengan infrastruktur penunjang wisata, Air Terjun Bisappu juga menjadi salah satu destinasi unggulan wisatawan di akhir pekan. 

Akses jalan yang mudah, Air Terjun Bissappu yang terletak di Desa Salluang, Kecamatan Bissappu hanya membutuhkan waktu 14 menit dari pusat kota Bantaeng. Pengunjung cukup membayar registrasi Rp5.000 untuk orang dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak.

Dengan berkunjung ke air terjun Bisappu akan membuat kita terpesona dengan keindahan air terjun yang punya ketinggian 50 meter yang diapit bukit dan dikelilingi pepohonan yang masih asri nan indah memberikan rasa tenang bagi pengunjung.

Fasilitas penunjang juga menambah keindahan Air Terjun Bissappu. Seperti gazebo untuk bersantai dengan desain futuristik, akses tangga menuju air terjun, menara pandang spot foto mengarah langsung ke air terjun serta adanya jembatan melintang tepat didepan air terjun. Saat melintasinya kita bisa merasakan percikan air yang sejuk menyentuh kulit. 

2. Permandian Alam Eremerasa 

Permandian Alam Eremerasa - Sumber; Dinas Pariwisata Bantaeng

Permandian Alam Eremerasa merupakan destinasi wisata alam kolam renang. Wisata ini juga menjadi salah satu wisata ramai pengunjung diakhir pekan. Permandian Eremerasa yang terletak di Desa Kampala Kecamatan Eremerasa 11 kilometer dari kota Bantaeng. Menyajikan panorama alam yang masih terjaga dan asri.

Air pada kolam renang tidak mengandung bahan kimia seperti kaporit. Air yang digunakan berasal dari mata air yang keluar dari sela-sela akar pohon besar menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Hanya dengan membayar retribusi Rp5.000 untuk orang dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak pengunjung sudah bisa merasakan wisata alam yang berbeda dari kebanyakan wisata alam kolam renang. 

Selain terdapat kolam renang, Permandian Eremerasa juga dilengkapi fasilitas penunjang lainya seperti pusat kuliner, toilet umum, gazebo, serta tak lupa juga spot-spot foto instagramable yang menambah daya tarik postingan sosial media kita. 

3. Muntea Highland 

Muntea Highland - Sumber; IG @visit_sulsel

Muntea Highland adalah salah satu objek wisata alam yang terletak diatas ketinggian kurang lebih 1.200 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL). Tepatnya, di Desa Bonto Lojong, Kecamatan Uluere yang berjarak 20 kilometer dari pusat kota Bantaeng.

Muntea Highland juga dikenal negeri diatas awan Kabupaten Bantaeng, sebab dengan berkunjung di waktu tertentu, pengunjung dapat dibuat terkesima dengan kumpulan awan yang indah tepat di bawah objek wisata ini.

Dengan berdiri di sini, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan kota Bantaeng dan beberapa kabupaten di sekitarnya dari ketinggian. Untuk menikmati panorama Muntea Highland pengunjung hanya membayar parkiran motor yang di tempatkan di rumah-rumah warga sekitar. Dengan membayar parkir ini, kita sudah bisa menjajaki setiap sudut destinasi wisata alam Muntea Highland.

Pada akhir pekan, Muntea Highland ramai dikunjungi wisatawan. Baik untuk hanya datang berswafoto bersama keluarga, atau teman maupun mendirikan tenda guna menikmati suasana malam di ketinggian Bantaeng.

4. Hutan Pinus Rombeng

Hutan Pinus Rombeng - Sumber; @prty_project

Tidak jauh dari Muntea Highland, terdapat destinasi wisata tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Baik untuk singgah berswafoto maupun kamping. Tepatnya di Hutan Pinus Rombeng, Desa Bonto Lojong, Kecamatan Uluere.

Pinus Rombeng terkenal dengan keindahan pinusnya yang memiliki suasana sejuk hutan yang masih asri. Objek wisata ini ramai dikunjungi wisatawan di akhir pekan atau pada hari libur.

Pinus Rombeng menjadi tempat favorit untuk melakukan aktivitas kamping. Pada 2021, Pinus Rombeng telah masuk 100 besar Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.

Bagi pengunjung yang ingin menginap bisa membawa tenda sendiri atau menyewa tenda disana. Cukup membayar registrasi muali Rp5.000 per orang, wisatawan bisa membangun tenda serta merasakan kesejukan Pinus Rombeng. (*)

  • Bagikan