10.000 Jamaah Hadiri Acara Silaturahim Nasional dan Halal Bihalal Pondok Pesantren As’adiyah

  • Bagikan

WAJO, RAKYATSULSEL - Keluarga Besar Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang mengadakan acara Silaturahim Nasional dan Halal Bihalal yang penuh makna pada hari Sabtu, 6 Mei 2023, yang juga bertepatan dengan 15 Syawal 1444 H. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Agung Ummul Quraa Sengkang Kabupaten Wajo.

Lebih dari 10.000 orang hadir dalam acara tersebut, terdiri dari santri/santriwati, orang tua santri, tokoh masyarakat, Forum Kepala Desa, Imam Masjid Se-Kabupaten Wajo, dan Anggota Majelis Taklim.

Turut hadir juga sejumlah tokoh As'adiyah, termasuk Gurutta Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin (Jenderal Bimas Islam), Gurutta Dr. H. Basnang Said Said (Kepala Sub Direktorat Pendidikan Pondok Pesantren), dan Gurutta Dr. H Mulawarman Hannase (Ketua IKAKAS As'adiyah DKI Jakarta).

Ketua Umum Pengurus Pusat Pondok Pesantren As’adiyah, Anregurutta Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA, sebagai pembawa hikmah dalam acara tersebut, mengajak masyarakat Wajo untuk meminta doa kepada para malaikat kecil atau santri ketika mengalami kesulitan, karena doa mereka yang selalu diiringi dengan bacaan Alquran pasti akan diijabah oleh Allah Subhanahu waTa’ala.

"Kehadiran kita pada acara Halal Bihalal ini merupakan produk kebudayaan Islam murni Indonesia. Halal yang pertama adalah Allah sudah memaafkan seluruh dosa-dosa kita, tapi Allah tidak kompeten memaafkan antara dosa sesama kita.

Dosa vertikal kita kepada Allah sudah terampuni, tapi dosa secara horizontal antar sesama kita belum tentu terampuni. Halal yang kedua ini mari kita saling memaafkan, mari kita kompak, bersatu membangun negara tercinta ini," jelas Anregurutta.

Acara Silaturahim Nasional dan Halal Bihalal Pondok Pesantren As'adiyah bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan ukhuwah, dengan tema "Penguatan Nilai-Nilai As'adiyah untuk Moderasi Beragama di Indonesia".

Bupati Wajo H. Amran Mahmud, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wajo, Forkopimda Kabupaten Wajo, dan Camat juga turut hadir dalam acara tersebut. Beberapa tokoh As'adiyah juga ikut dalam acara tersebut melalui zoom meeting.

  • Bagikan