Umbar Janji Agar Terpilih

  • Bagikan
MULAI BERI JANJI. Salah satu bakal calon legislatif, Muhammad Surya menjanjikan BPJS gratis jika partai PSI menang dalam Pemilu 2024 mendatang. FAJRI/RAKYATSULSEL

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai politik saat ini tengah berusaha menarik simpati calon pemilih dengan iming-iming beragam janji politik, seperti perbaikan infrastruktur, pemberian bantuan tunai, dan seterusnya.

Partai yang terang-terangan menyebutkan janjinya adalah PSI, mereka berkomitmen akan menggratiskan iuran BPJS Kesehatan, sedangkan PKB menjanjikan listrik gratis.

Padahal, dua hal tersebut merupakan kebijakan dan ranah lembaga yang tidak berkaitan langsung dengan legislatif.

Ketua DPW PKB Sulsel, Azhar Arsyad mengatakan bahwa apa disampaikan oleh pengurus DPP adalah program partai yang perlu dijalankan setiap kader yang kelak duduk di DPRD nantinya.

"Sebenarnya ini kan program partai, bukan caleg. Beginilah cara partai bisa dekat dengan masyarakat. Dan instruksi DPP PKB tentu menjadi perintah kepada kader di daerah yang mencalonkan sebagai anggota Dewan," ungkapnya, Minggu (2/7/2023).

Anggota DPRD Sulsel itu menuturkan, secara kewenangan, memang DPRD tak punya visi-misi. Hanya saja lewat reses atau pun kunjungan daerah pemilihan (dapil), caleg bisa menyerap dan merealisasikan apa yang menjadi aspirasi dan harapan masyarakat.

"Jadi, caleg atau anggota DPRD itu tidak punya visi-misi. Kalau kaitanya janji kepada pemilih. Itu kan bisa direalisasikan lewat serap aspirasi reses untuk disampaikan ke eksekutif sebagai pelaksana," tegasnya.

Azhar menambahkan, PKB tak hanya memprogramkan memperjuangkan listrik, namun juga pupuk gratis untuk rakyat miskin pada 2024. Apalagi ini menjadi keluhan masyarakat setiap kali para anggota Dewan turun ke dapil masing-masing.

Selain itu, lanjutnya, perintah DPP tentu bagian dari strategi untuk memperkenalkan partai lebih dekat kepada masyarakat. Apalagi tiba saatnya partai menghadapi pemilu 2024.

"Listrik dan pupuk gratis untuk rakyat ini adalah dua dari lima program rakyat 2024 hasil konsolidasi nasional Ketum DPP PKB. Jadi ini bukan semata dari caleg. Tapi program partai ditampung lewat aspirasi perlu diperjuangkan," tegasnya.

Azhar juga kembali menegaskan bahwa ada lima program rakyat 2024 yang disampaikan Ketua Umum PKB PKB Muhaimin Iskandar salah satunya, listrik gratis untuk rakyat miskin.

  • Bagikan