Wujudkan Keterbukaan Informasi, Pemkab Lutim Gelar Lokakarya Peningkatan Kapasitas PPID

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur (Lutim) dalam hal ini Diskominfo-SP Lutim menggelar Lokakarya Peningkatan Kapasitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu/Pelaksana Lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur di Hotel Swiss-bell, Jalan Boulevard, Makassar, Rabu (5/7/2023).

Kegiatan tersebut dibuka langsung Bupati Luwu Timur Budiman dan dihadiri Kepala Komisi Informasi Sulsel, Pahir Haum.

Budiman mengatakan, pelaksanaan lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan informasi pada pemerintahan.

Kata dia, acapkali informasi kaku untuk dikembangkan karena terbatas dan kurangnya pengetahuan terhadap pengelolaan informasi yang baik.

"Karena pemerintahan yang baik itu harus memiliki keterbukaan informasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat," sebutnya.

Ia melanjutkan, giat lokakarya ini juga merupakan salah satu pemenuhan hak bagi para pegawai untuk mendapatkan 20 jam diklat peningkatan kualitas SDM.

"20 jam diklat hak pegawai harus di berikan, termasuk diklat ini," jelasnya.

Ia menuturkan, peningkatan mutu individu dalam pengelolaan informasi itu juga berlandas pada maraknya hoax. "Apalagi kita sekarang ini kan banyak hoax banyak ya informasi-informasi yang perlu kita kelola dan sharing, caranya itu tentu salah satunya melalui lokakarya," terangnya.

Ia berharap setelah pelaksanaan lokakarya ini keterbukaan informasi dalam lingkup Pemerintahan Luwu Timur itu semakin terbuka.

Sementara itu, Kepada Diskominfo-SP Lutim, Hamris Darwis menyampaikan, adapun peserta dalam lokarya ini merupakan PPID pembantu yang ada di masing-masing OPD lingkup Pemkab Luwu.

"Pesertanya itu ada 79 orang, ini mewakili seluruh OPD, karena setiap OPD disitu ada PPID pembantu, dan ini upaya pemerintah untuk mengoptimalkan pengelolaan informasi yaitu dengan melakukan peningkatan kualitas individunya," tutupnya. (Abu/B)

  • Bagikan