Strategi dan Upaya Pengendalian Manajemen Dibahas dalam Rapat Koordinasi Kemenkumham RI

  • Bagikan
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung Harun Sulianto, ikuti Pembukaan Rapat Koordinasi Pengendalian Dukungan Manajemen yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI, Senin (17/7) di Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta.

JAKARTA, RAKYATSULSEL – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung Harun Sulianto, ikuti Pembukaan Rapat Koordinasi Pengendalian Dukungan Manajemen yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI, Senin (17/7) di Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta.

Membuka kegiatan, Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI Komjen Pol. Andap Budhi Revianto, mengutip pendapat Pakar Manajemen (Anthony dan Reece, 1984:824) yang mengatakan jika Sistem Pengendalian Manajemen adalah sistem dalam menentukan penerapan strategi dan upaya dalam mencapai tujuan organisasi melalui fungsi pengendalian setiap aktivitas yang terjadi. Di dalamnya terdapat 5 hal yaitu, Proses, Fokus Utama, Unsur Penting, Kegiatan, dan Ruang Lingkup.

Disampaikan Sekjen Andap, pengendalian manajemen harus didukung dengan organisasi yang lincah, serta dapat merespon setiap fenomena dan fakta yang ada di lapangan. “Dan juga harus memiliki SDM perencana yang handal, serta menghasilkan kualitas dan kuantitas yang baik,” kata Andap.

Menurut Andap, mekanisme pelaksanaan pengendalian dimulai dari perencanaan; Key Performance Indikator (KPI) untuk mengukur performa; serta harus ada keunggulan/ kelebihan kompetitif. “Wujud pengendaliannya adalah adanya limitasi waktu, serta adanya mekanisme laporan yang digunakan,” tutur Andap.

Andap juga mengatakan, jika tujuan dari pengendalian yaitu untuk membetulkan apa yang kurang tepat, memberikan penilaian kinerja, serta menentukan perencanaan yang berikutnya. Proses pengendalian manajemen terdiri dari penyusunan program, penyusunan anggaran, pelaksanaan dan pengukuran, serta pelaporan dan analisis.

“Salah satu faktor utama di balik keberhasilan organisasi adalah pengendalian, maka kendalikanlah dengan baik apa yang telah direncanakan sebelumnya,” tegas Andap.

Sekjen Andap berharap, pertemuan ini dapat bermanfaat. Serta seluruh jajaran dapat bersama membangun budaya kerja yang berorientasi pada kinerja, mewujudkan organisasi yang berintegritas, efektif dan efisien.

Hadir dalam kegiatan tersebut secara virtual yaitu, Kepala Divisi Administrasi Muslim Alibar, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Eva Gantini, Kepala Divisi Pemasyarakatan Sahata Marlen Situngkir, Kepala Divisi Keimigrasian Doni Alfisyahrin, para Pejabat Struktural beserta jajaran pegawai Kanwil Kemenkumham Babel. (*)

  • Bagikan