Dapat Info Kondisi Rumah Tak Layak Huni, Baznas Bone Langsung Bergerak 

  • Bagikan
(kanan-kiri) Danramil Cenrana, Ketua BAZNAS Bone, Kepala Desa Pallae, Babinsa Desa Pallae menyerahkan bantuan rehabilitasi rumah

BONE, RAKYATSULSEL - Rumah adalah tempat penyelenggara kehidupan dan penghidupan bagi setiap orang. Rumah dianggap sebagai kebutuhan dasar yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian dan sarana pembinaan keluarga.

Sedangkan rumah tinggal dapat diartikan sebagai tempat tinggal yang memiliki berbagai fungsi untuk tempat hidup manusia yang layak yang merupakan idaman setiap masyarakat.

Namun, tidak semua masyarakat dapat memiliki rumah tinggal yang layak huni, seperti seorang nenek yang Desa Pallae Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, A. Nuruma (72 tahun) yang tinggal berdua saja bersama cucunya yang telah yatim.

Mendapatkan informasi tentang kondisi A. Nuruma bersama cucunya yang sangat memprihatinkan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone langsung bergerak memberikan bantuan.

Melalui Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kabupaten Bone, Farida Hanafing, langsung berkordinasi dengan Forkopincam Cenrana dan mengucurkan sejumlah dana untuk rehabilitasi rumah tinggal, A. Nuruma, Kamis (20/07/2023).

"Kondisi rumah A. Nuruma bahkan sempat viral di media sosial dan memang sangat memperhatikan. Rumah panggung yang terbuat dari kayu kondisinya sudah sangat tidak layak untuk ditempati, lantai dan dinding sudah lapuk sementara atapnya yang terbuat dari rumbia sudah bocor," jelas Farida Hanafing.

"Setelah berkoordinasi dengan Forkopimcam Cenrana, kemudian dilanjutkan dengan pertemuan di kantor BAZNAS Bone jl Ahmad Yani lantai dasar Masjid Agung," ujarnya lagi.

Dalam pertemuan itu dibahas kondisi keluarga A. Nuruma yang tinggal berdua saja bersama cucunya yang telah yatim. Sehari - hari hanya mengharapkan bantuan dari warga sekitar untuk kehidupannya.  

"Berdasarkan hasil survey dan informasi langsung dari Kepala Desa, Ketua Baznas Bone Drs. H. Zainal Abidin menyerahkan dana awal pembuatan rumah sederhana layak huni yang diterima oleh Kepala Desa Pallae Saharuddin, didampingi Danramil Kec. Cenrana Peltu Sugeng Mulyono dan Babinsa Desa Pallae Serda Ahmar," jelasnya lagi.

"Dana pembuatan rumah untuk A. Nuruma bersumber dari dana zakat, infak dan sedekah dari muzaki/munfik. Semoga membawa keberkahan bagi muzaki dan mustahik," pungkas Farida Hanafing.

Sementara itu Kepala Desa Pallae mengucapkan rasa syukur dan terima kasih ke Baznas Kabupaten Bone atas kepeduliannya terhadap warganya.

"Terima kasih atas kepedulian dan bantuan yang diberikan oleh Baznas Bone kepada salah satu warga kami. Kami siap membangun rumah ini dengan sinergitas bersama pemerintah dan warga setempat," ucap Kepala Desa Pallae. (Nal)

  • Bagikan