Humas Diskominfo Raker Penyusunan Rencana Kerja PPID

  • Bagikan
Rapat Kerja Penyusunan rencana kerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang digelar Diskominfo SP Selayar, di Rayhan Square Kecamatan Benteng, Selasa (29/08/2023).

KEPULAUAN SELAYAR, RAKYATSULSEL - Bidang Humas, Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo SP Kepulauan Selayar menyelengarakan Rapat Kerja Penyusunan rencana kerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam penyelenggaraan layanan keterbukaan informasi publik, di Rayhan Square Kecamatan Benteng, Selasa (29/08/2023).

Raker yang diselenggarakan kerja sama dengan USAID Erat ini, dibuka oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Selayar selaku pimpinan PPID Utama, diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo SP Kepulauan Selayar Drs. Ahmad Yani, didampingi Kabid Humas Diskominfo-SP Andi Sandra Esty Abriany SE., MM., bersama Fasilitator USAID Erat, serta dihadiri 38 pimpinan OPD sebagai PPID pelaksana.

Dalam rapat kerja tersebut, diantaranya membahas kemajuan, peluang dan tantangan pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP), merumuskan perbaikan strategi penguatan KIP, serta merumuskan rencana tindak lanjut dalam penyusunan rencana kegiatan dan Anggaran (RKA) pelaksanaan KIP (PPID) TA 2024.

Kadis Kominfo SP Ahmad Yani mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil Monev KIP Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2022.

"Kegiatan kita hari ini, menindaklanjuti hasil Monev KIP, kemudian untuk penguatan tata kelola penyusunan daftar informasi publik" ucap Kadis Ahmad Yani.

Sementara itu fasilitator USAID Erat, Shinta menyampaikan harapannya, agar pada tahun 2024 PPID bisa berjalan dengan baik.

"Harapannya kami ingin melihat di tahun 2024, sistem pemerintahan berbasis elektronik maupun PPID sudah berfungsi dengan baik sehingga kita bisa sama-sama bekerjasama mewujudkannya, ini bukan USAID Erat tapi ini buat Selayar sendiri," terangnya.

Pada kegiatan ini juga turut bergabung via daring perwakilan dari Pusat Penerangan (Puspen) Kemendagri Rega Tadeak Hakim, yang mempresentasikan bagaimana dukungan Kemendagri dalam pembinaan keterbukaan informasi publik, peran pemerintah pusat dan daerah dalam keterbukaan informasi publik, serta tantangan dan hambatan dalam penguatan keterbukaan informasi publik.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi penyusunan rencana tindak lanjut perubahan kegiatan dan anggaran PPID 2023 & Pembahasan perencanaan kegiatan dan anggaran PPID TA 2024. (*)

  • Bagikan