Stop TBC, Rutan Pangkep Skrining Warga Binaan

  • Bagikan
Rutan kelas II Pangkajene, lakukan pemeriksaan kesehatan warga binaan, untuk Cegah Penularan Tuberkulosis, Selasa (17/10/2023).

PANGKEP, RAKYATSULSEL - Cegah Penularan Tuberkulosis, Rutan kelas II Pangkajene, lakukan pemeriksaan kesehatan untuk seluruh warga binaan, Selasa (17/10/2023).

Pemeriksaan dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah yaitu TOSS TBC (Temukan dan Obati Sampai Sembuh TBC), dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kemenkumham RI.

"Kita lakukan pemeriksaan TBC, untuk hari pertama kita periksa 200 orang warga binaan,  Kegiatan yang melibatkan petugas rutan yang berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas Bungoro dan Tirta Medical Center (TMC) ini untuk memastikan tidak ada warga binaan kita yang terjangkit TBC," ungkap Kepala Rutan kelas II B Pangkajene, Hakim Sanjaya.

Kegiatan yang bekerja sama dengan Tirta Medical Center ini meliputi pemeriksaan Xray Thorax dan TCM.

"Skrining TBC meliputi Rontgen bagian dada yang bertujuan untuk mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan masif pada kelompok komunal yg berisiko tinggi terhadap penularan di dalam komunitas khususnya di lapas atau rutan," tambahnya.

Di kegiatan ini dipantau langsung Kepala Bidang Pelayanan Tahanan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan, Surianto. Skrining TBC berlangsung 2 hari dan bertahap terhadap 337 warga binaan. (Atho)

  • Bagikan