MYL Serahkan Bantuan Pertanian, Peternak Sapi Ikut Keciprat Asuransi

  • Bagikan
Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) bagikan bantuan pertanian, berupa alat dan mesin pertanian (Alsintan) di desa Barabatu, Kamis (26/10/2023).

PANGKEP, RAKYATSULSEL - Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) bagikan bantuan pertanian, berupa alat dan mesin pertanian (Alsintan) di desa Barabatu, Kamis (26/10/2023).

Selain bantuan alsintan, MYL juga menyerahkan bibit dan benih sayuran, bangunan olahan pakan ternak unggas, silase dan sarananya, termasuk penyerahan klaim asuransi usaha ternak sapi (AUTS) dari PT Jasindo.

Bupati MYL menitipkan kepada penerima bantuan, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Ia juga berharap, ketua kelompok tani bisa bijaksana dalam menggunakan peralatan bersama kepada anggota kelompoknya.

"Di tahun-tahun yang akan datang, bapak ibu sekalian sesuai wilayah kerja masing-masing penyuluh bisa disampaikan lagi bantuan yang lain. Saya berharap bantuan ini bisa merata semua kepada masyarakat kabupaten Pangkep," katanya.

Khusus klaim AUTS, di tahun ini mencapai Rp 800juta diberikan kepada para peternak yang mengalami gangguan ternak.

"Itu salah satu program pemerintah untuk masyarakat peternak agar bisa melanjutkan usahanya. Semoga bantuan dana ini usaha ternak warga bisa terus berlanjut," tambahnya.

Kepala dinas pertanian Pangkep, Andi Agustina mengatakan bantuan hibah yang diserahkan bersumber dari APBN dan APBD.

Alsintan yang diberikan bervariasi, traktor roda empat, roda dua, Rice Milling Unit(RMU) dan konsailer. "Traktor roda empat untuk tiga kelompok, traktor ruda itu 11 unit, RMU ada tiga unit, dan konseler ada satu unit,"beber Agustina.

Sementara untuk klaim asuransi, diberikan kepada peternak sebesar Rp10juta. "Sesuai harapan Bupati, bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk peningkatan kesejahteraannya,"tiru Agustina. (Atho)

  • Bagikan