Harumkan Nama Kota di FTBI Sulsel, Pj Wali Kota Parepare Sambut Kontingen Beri Penghargaan Khusus

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Dr Akbar Ali menyambut dan memberikan penghargaan khusus kepada para kontingen Parepare. Ia menilai para kontingen tingkat SD maupun SMP telah berhasil mengharumkan nama Kota Parepare pada ajang Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Provinsi Sulsel tahun 2023.

Penghargaan dengan cara mengundang khusus 10 orang para pemenang pada FTBI ini dilakukan di sela acara siturahmi bersama ribuan guru, kepala sekolah, maupun pengawas, baik di tingkat SD maupun SMP se-Kota Parepare.

Pj Wali Kota Akbar Ali didampingi Sekda, Husni Syam dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare, HM Makmur di Auditorium Kampus Institute Agama Islam Negeri (IAIN), Senin, 13 November 2023.

Nampak pada acara itu, Akbar Ali menyerahkan kembali piaa dan piagam penghargaan yang diterima oleh para kontingen, peraih juara pada ajang FTBI Sulsel.

Ia juga mengucapkan selamat kepada para pelajar, guru pendamping, dan para kepala sekoah atas prestasi membanggakan di bidang pelestarian bahasa daerah itu.

"Saya sangat bangga anak-anak kami bisa mengharumkan nama Parepare di tingkat Sulawesi Selatan dalam pelestarian bahasa daerah. Prestasi ini tentu tidak lepas dari keuletan guru pembimbing, pendamping, dan kepala sekolah hebat. Selamat, prestasi ini akan menjadi motivasi kita bersama untuk tetus melestarikan bahasa daerah sebagai identitas kita," ujar Pj Wali Kota Parepare yang dikenal kerap menggunakan bahasa daerah di lingkungan sehari-harinya ini kepada awak media.

Para pemenang ini juga akan diundang untuk 'talkshow' di TV Peduli, milik Pemkot Parepare agar dapat menginspirasi para pelajar lainnya untuk mencintai dan bangga berbahasa daerah.

"Saya juga menginstruksikan Dinas Kominfo untuk menjadwalkan anak-anak kita untuk talkshow sebagai pahlawan kearifan lokal agar dapat memotivasi dan menginspirasi teman-temannya agar sellu bangga dan cinta berbahasa daerah," papar pria kelahiran Bumi Nenek Mallomo ini.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, HM Makmur menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi kontingen Parepare.

"Prestasi anak-anak kami di Festival Tunas Bahasa Ibu tahun ini luar biasa dan tentu patut kita apresiasi. Selamat telah mengharumkan kota Parepare. Apresiasi dari Bapak Wali Kota tentu ini akan membuat anak-anak kita semakin senang dan semangatnya makin bertambah apalagi yang nantinya akan menjadi Duta di tingkat nasional," papar mantan Kepala SMP Negeri 4 Parepare ini.

Apresiasi yang sama juga disampaikan kepada para Guru Pembimbing dan Kepala Sekolah.

"Kepada para pembina terima kasih banyak tentunya berharap terus dampingi anak-anak kita dalam berlatih. Semoga kerja keras Bapak/Ibu pembina bernilai ibadah.
Teristimewa juga untuk Bapak/Ibu kepala sekolah yang telah memfasilitasi anak-anak dalam berlatih dan mensupport full anak-anak dalam bertanding. Saya mewakili Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare mengucapkan terimakasih banyak semoga kerja sama ini terjaga dan senantiasa terpelihara dalam meningkatkan mutu pendidikan di kota Parepare," harap eks Kepala Sekolh Berprestasi nasional ini.

Adapun nama-nama Pelajar yang berhasil mengharumkan nama Parepare di FTBI Susel, yaitu:

Tingkat SMP:

  • Juara 1 Pidato putra: A.Muhammad Fausan (siswa SMPN 2 Parepare)
  • Juara 1 Menulis Cerpen putri: Najwa Nasir (siswa SMPN 4 Parepare)
  • Juara 2 Dongeng putri: Debby Ayu Lestary (SMPN 2 Parepare)
  • Juara 2 pidato putri: Fadhila Nur Hidayah (SMPN 2 Parepare)
  • Juara 3 Komedi Tunggal putri: Siti Asyura Putri Faisal (SMPN 2 Parepare)
  • Juara 1 Yel yel terheboh (kontingen SMP Parepare; SMP 2, SMP 4, SMP 9 Parepare)

Tingkat SD:

  • Juara 1 Menulis Cerpen putri: Cantika Triana sari (SDN 73 Parepare)
  • Juara 1 Dongeng putra: Akhayarul Iksan (SDN 56 Parepare)
  • Juara 2 Pidato Putri: Fakhriyah Aqilah (SDN 18 Parepare)
  • Juara 3 Dongeng putri: Dwi Rizky Ramadani (SDN 56 Parepare)
  • Juara Harapan 1 Cerpen putra: Muh. Gibran (SDN 5 Parepare)
  • Bagikan