Hamka B Kady Resmikan Program PISEW di Desa Julubori

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady saat meresmikan Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) di Desa Julubori, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Kamis, 23 November 2023.

GOWA, RAKYATSULSEL - Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady meresmikan Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) di Desa Julubori, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Kamis, 23 November 2023.

Program Pisew yang dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya ini merupakan aspirasi Hamka B Kady di DPR RI.

Legislator Golkar dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel I itu menjelaskan, infrastruktur yang dibangun melalui dana PISEW adalah jalan produksi sebagai infrastruktur penunjang produksi pertanian dan industri, serta sebagai prasarana pendukung pemasaran komoditas dengan memudahkan petani untuk mengangkut hasil pertanian, perkebunan dan perikanan mereka.

"Pelaksanaan pembangunannya dikerjakan oleh masyarakat desa setempat tidak menggunakan kontraktor," terangnya.

Muaranya kata Hamka, adalah memberi manfaat dalam meningkatkan kapasitas produksi komoditas unggulan serta potensi lokal wilayah setempat.

Selanjutnya, masih di hari yang sama, Hamka meresmikan Program Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) di Dusun Raja-Raja, Desa Bungaejaya, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa.

Sama halnya dengan Program PISEW, P3TGAI merupakan program padat karya tunai dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan dana APBN.

Hamka menjelaskan, tujuan program ini untuk mendukung program kedaulatan pangan dan upaya peningkatan kemampuan ekonomi, serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah.

“Kegiatan P3-TGAI juga melibatkan masyarakat sekitar irigasi dalam arti tidak hanya perbaikan sisi infrastruktur tetapi juga memberdayakan masyarakat petani secara terencana dan sistematis," paparnya. (*)

  • Bagikan