Kunjungi Kampung Halamannya, Mentan RI Inginkan Bone Jadi Leader Swasembada Pangan

  • Bagikan
Pj. Bupati Bone saat mendampingi kunjungan Menteri Pertanian RI di Desa Mappesangka.

BONE, RAKYATSULSEL - Menteri Pertanian (Mentan RI), Dr. H. Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja di kampung halamannya, Desa Mappesangka Kecamatan Ponre Kabupaten Bone, Senin (15/01/2024).

Kunjungan Mentan RI tersebut yang disambut Pj. Bupati Bone, H. Andi Islamuddin bersama Forkopimda Bone dalam rangka menghadiri tanam perdana di Dusun Dekko Desa Mappesangka Kecamatan Ponre.

Pj. Bupati Bone mengucapkan selamat datang Mentan RI di kampung halamannya. "Selamat datang di kampung halaman Bapak Menteri. Semoga kehadiran bapak Mentan RI di kampung halaman dapat mendatangkan berkah bagi masyarakat Kabupaten Bone," ujar H. Andi Islamuddin.

Sementara itu, Dr. Andi Amran Sulaiman menegaskan,  bahwa dirinya punya misi mulia meningkatkan produksi pangan di Bone. Ia menginginkan swasembada pangan dan Bone harus jadi leadernya.

"Saya ditakdirkan masuk kabinet ke duakalinya. Pertama keluhan masyarakat yang harus saya tuntaskan adalah masalah pupuk. Alhamdulillah, dua bulan menjabat, Presiden beri kita anggaran Rp 14 triliun untuk tambahan pupuk. Katanya sulit pupuk karena harus pakai kartu tani, sekarang kita ubah, sudah bisa gunakan KTP," tegas Mentan RI.

"Termasuk masalah solar. Baru saya telepon Menteri ESDM. Alhamdulillah, saya minta surat rekomendasi cukup ditandatangani kepala desa. Tolong Pak Dandim, Pak Kapolres dipantau kelancaran solar. Kita harus tingkatkan produksi secara nasional," tegasnya. 

Lanjutnya, Indonesia sempat goyah karena Elnino. Ini berbahaya untuk negara kita. Kalau krisis ekonomi petani makmur karena bisa ekspor pangan, tapi kalau krisis pangan terjadi maka bisa terjadi konflik sosisal, dan krisis politik.

"Mari kita bersatuki gerakkan pertanian. Tolong jangan lagi dipolemikkan pupuk. Insya Allah dewupakaasiri to ugie (Insya Allah saya tidak akan bikin malu orang bugis)," pungkasnya

Hadir mendampingi Menteri Pertanian RI, diantaranya, Dirjen tanaman pangan, Dirjen PSP, Kepala Badan BSDMP, Wakasad, Pangdam, Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin, COE AAS community, Andi Amar Ma'ruf, Yasir Machmud, Kadis Tanaman Pangan Hortikultura Kabupaten Bone, Andi Asman Sulaiman, Kapolres Bone, Dandim Bone, dan Kajari Bone. (Nal)

  • Bagikan