BMKG: Gempa 5 Magnitudo Terjadi di Jember

  • Bagikan
Update gempa Jember hari ini (Jumat, 1 Maret 2024)

JEMBER, RAKYATSULSEL –Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa yang berkekuatan magnitudo 5 di Jember, Jumat (1/3) sekitar pukul 03.19 WIB.

Dilansir dari Antara, pusat gempa tersebut berada di laut selatan Pulau Jawa pada koordinat 10,48 LS-103,62 BT atau berjarak 252 kilometer barat daya Jember, Jawa Timur, di kedalaman 10 kilometer.

Dalam peringatan dini melalui sistem aplikasi infoBMKG, hasil analisis sementara, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Getaran gempa itu dilaporkan juga dirasakan masyarakat di wilayah Desa Karangkates, Malang dengan skala II MMI.

Namun, BMKG belum melaporkan secara rinci terkait dengan pemicu dan dampak yang ditimbulkan gempa tersebut terhadap masyarakat.

Masyarakat diimbau supaya tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sampai hasil analisis peristiwa menyeluruh resmi dilaporkan BMKG.

Hasil analisis resmi tersebut biasa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, akun media sosial BMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (JP/RAKSUL)

  • Bagikan