Partisipasi Pemilih di Jeneponto Menurun, Ada 71.744 Warga Tidak Memilih di Pemilu 2024

  • Bagikan
Ilustrasi

JENEPONTO, RAKYATSULSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jeneponto mencatat angka partisipasi pemilih di Kabupaten Jeneponto menurun pada Pemilu 2024.

Hal itu diungkapkan Komisioner KPU Jeneponto Hasrullah Hafid. Dia mengaku partisipasi pemilih di Kabupaten Jeneponto mengalami penurunan dari Pemilu 2019 di angka 82 persen.

“77,06 persen, menurun dari 82 persen tahun 2019,” kata dia saat dikonfirmasi, Jumat (15/3) malam.

Dari 295.617 jumlah DPT terdapat 223.873 yang menggunakan hak pilihnya, sedangkan sisanya 71.744 yang tidak menggunakan hak pilih. “Kita sebagai pihak penyelenggara telah melakukan semua amanah PKPU amanah UU 7 tahun 2017 dan itulah hasilnya,” kata dia.

Dia juga meminta kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya dalam proses demokrasi yang sangat penting tersebut untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat di parlemen. Menurutnya KPU berserta jajarannya telah melalukan upaya sosialisasi hingga ke desa-desa.

“Kalau ini kita kembalikan ke masyarakat karena kita telah upayakan secara maksimal sosialiasi dengan menginstruksikan PPK dan PPS sosialisasi ke desa-desa,” kata dia.

Namun, menurutnya capaian partisipasi, KPU Jeneponto tetap melewati dari target yang ditetapkan secara nasional di angkat 75 persen.

“Kalau target nasional diangka 75 persen, iye (mencapai target),” kata dia. (Jet)

  • Bagikan