Appi “Dilema” Maju Pilwali Makassar atau Jabatan Wakil Ketua DPRD Sulsel

  • Bagikan
Ketua DPD II Golkar Makassar, Munafri Arifuddin saat memberikan keterangan, di Hotel Aryaduta, Kamis, (21/3/2024) malam

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ketua DPD II Kota Makassar, Munafri Arifuddin, tengah menghadapi dilema antara maju sebagai Calon Wali Kota Makassar pada tahun 2024 atau memilih untuk menjadi Calon Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.

Peluang Appi hampir sama tergantung pada penugasan partai. Namun, bila melihat peluangnya, Appi memiliki kesempatan besar untuk maju dalam Pilwali 2024 dari partainya, sebagai calon tunggal.

Namun, jika ia memilih untuk mengejar kursi pimpinan (Wakil Ketua) di DPRD Sulsel, Appi tampaknya akan menghadapi saingan berat di internal partai, terutama dari petahana DPRD Sulsel, Rahman Pina.

Secara struktur kepartaian, Rahman Pina memiliki peluang besar karena selain menjadi caleg terpilih (petahana), dia juga menduduki jabatan strategis di internal pengurus DPD I Golkar Sulsel, yakni Ketua AMPG Golkar Sulsel dan Wakil Ketua DPD I.

Ketika dimintai konfirmasi, Sekretaris DPD I Golkar Sulsel, Marzuki Wadeng, menyatakan bahwa akan ada mekanisme seleksi internal Golkar untuk calon pimpinan DPRD Sulsel. Namun, belum ada kepastian siapa yang akan menduduki posisi tersebut.

"Pengambilan keputusan akan dilakukan melalui mekanisme partai untuk calon pimpinan dewan. Tentu, DPP Golkar memiliki hak untuk menentukan atas usulan nama dari DPD I Sulsel," ujar Marzuki Wadeng, Jumat (22/3/2024).

  • Bagikan